Pengikut

Jumat, 17 April 2020

Resume Ke 13




Resume Ke 13
Belajar Menulis Gelombang 8
Sesi 13 atau pertemuan ke 13
Hari /Tangal  :  Kamis, 16 April 2020
Pemateri   : Aris Ahmad Jaya
Judul :  Mengajar Gaya Motivator 
Penulis Resume : ASNATI, M.TPd ( SDN 17 Rejang Lebong  )

Malam ini saya mengikuti dari awal , mengikuti pelatihan menulis karena saya nggak kemana-mana, habis mandi salat Magrib ,setelah salat Magrib langsung lihat wag artinya saya siap untuk mengikuti belajar menulis, tapi tidak lama kemudian ,alhamdulillah pulsa saya habis saya agak berkurang  semangat dan setelah beberapa saat saya dapat mengatasi kehabisan pulsa, dan begitu bisa numpang hotspot tetanngga sebelah langsung lihat wa karena saya sangat ingin ikut Training mengajar gaya motivator,mata saya saat itu  langsung tertuju pada sms yang omjay kirimkan ke group belajar menulis. 






Kata-katanya keren dong materinya pasti berbeda dengan yang lain karena ini adalah MGM mengajar gaya motivator ,setelah itu saya jadi sangat tertarik akhirnya saya mulai membaca dan mendengarkan  dari pertama, berikut kata ini permulaan  dari:
Pak Aris Ahmad perkenalkan saya Aris Ahmad saya saat ini sebagai seorang motivator character building dan juga trainer serta coach sekolah-sekolah unggul Indonesia dengan momentum saat ini di mana anak-anak kita sedang belajar dirumah guru pun seharusnya belajar kembali tentang bagaimana memiliki seni menyampaikan, memiliki seni untuk dicintai dirindukan oleh anak didiknya sehingga pembelajaran  menjadi menarik .

 Pola mengajar gaya motivator atau MGM dan insya Allah dengan  momentum saat ini saya berbagi dengan anda dan silakan Anda bagi kepada guru-guru yang lain yang belum sempat mengikuti training online ini ( intinya belajar dan mengajar itu yang terlitas di pikiran saya )lalu beliau berkata  insya Allah anda akan mempelajari banyak hal diantaranya adalah bagaimana anda menjadi pribadi yang mampu menarik dan menyenangkan ,pribadi yang dirindukan dan pribadi yang mampu menginspirasi serta menjadikan anak didik Anda mencintai Anda .




Selanjutnya bapak Aris  berdasarkan niat  saya membagi guru menjadi dua yang pertama adalah guru betulan yang kedua adalah guru kebetulan guru betulan  adalah guru yang memang dari awal ingin menjadi seorang pendidik ingin mengajak dan memang dia ingin menjadi guru guru betulan ini memang seorang guru yang diidamkan guru yang memiliki energi untuk mengajar energi untuk bertemu dengan siswa energi untuk mengeluarkan keilmuannya kepada anak didiknya guru betulan memang guru yang diidamkan oleh setiap siswa

Yang kedua  guru kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan menjadi pengajar maka dia menjadi guru kebetulan lulus dari universitas dan sambil menunggu pekerjaan maka dia melamar menjadi guru dan kebutuhan kita terima makanya akhirnya menjadi guru sehingga mau tidak mau harus melanjutkan impian orang tua akhirnya menjadi guru dan pendidik di yayasan itu kebetulan ada temen yang ngajak daripada nganggur maka menjadi guru apakah guru kebetulan

Namun kadang-kadang guru kebetulan pun akan menjadi guru betulan ketika dia mau belajar mau mengerti bahwa ini bagian dari sebuah proses yang harus dihadapi dan kadang-kadang guru kebetulan pun bisa menjadi guru yang menjalani  kegiatan belajar mengajar dengan sungguh-sungguh karena dia menyadari bahwa ini bagian dari sebuah proses baik yang harus dijalankan apakah ada guru betulan atau kebetulan itu salah dan jadi  yang jadi masalah adalah ketika anda tidak mau menerima profesi anda sebagai seorang guru ,itu yang masalah baik ada guru betulan maupun anda guru kebetulan ketika anda menerima profesi ada ini sebagai bagian dari sebuah pilihan dan  mau memberi pembelajaran dengan cara yang baik dan menyenangkan menginspirasi anak didik Anda mencintai ilmu yang anda sampaikan.

 Maka sesungguhnya guru betulan maupun guru kebetulan buahnya akan manis manakala dia adalah guru yang mencintai profesinya, apa artinya guru betulan namun tidak mau belajar menyampaikan asal-asalan dan menyesali pilihan hidupnya karena itu selamat datang para guru yang mau menginvestasikan waktu untuk belajar .

Saya akan mencoba membantu anda untuk menjadi guru yang dicintai guru yang dirindukankarenanya izinkan saya untuk hari ini pada  sesi kali ini mengajarkan kepada anda bagaimana anda menjadi guru yang dirindukan kehadirannya, kepergiannya guru yang menginspirasi dan guru yang menyenangkan ,baik pembelajaran apapun yang anda berikan Anda adalah kurikulumnya karena anda adalah guru yang menyenangkan dan diizinkan mudah-mudahan untuk tema hari ini anda bisa pahami dan bisa anda praktekkan mudah-mudahan Allah senantiasa mewujudkan  niat kita menjadi seseorang yang menjadikan murid kita mencintai ilmu, mudah-mudahan bermanfaat .



Selanjutnya pak Arif mengatakan bahwa tipe guru berdasarkan kinerja yaitu saya membagi  tiga tipe guru yang pertama adalah nyasar yang kedua bayar dan yang ketiga  sadar, jadi terbayang di ingatan saya, saya termasuk guru yang mana, ini yang membuat saya sangat senang karena saya bisa tau kalau saya termasuk guru yang mana, mudah mudahan bapak ibu guru yang lain juga merasakan hal yang saya rasakan 
         
Ada Lima langkah yang bisa anda praktekkan untuk mengajar gaya motivator dan silakan Anda praktekkan 5 langkah ini maka dengan langkah-langkah ini diharapkan anda mampu menjadi guru yang dicintai guru yang dirindukan guru yang menginspirasi dan guru yang menjadikan murid-murid anda mencintai anda dan mencintai ilmu yang anda bahwa sebelum saya berikan 5 saya ingin mencoba membahas sedikit tentang bagaimana peran seorang guru yang sesungguhnya ada 4 peran guru yang terkadang kita tidak memerankannya dengan utuh peran yang pertama adalah mengajar peran yang kedua adalah mendidik peran yang ketiga adalah menginspirasi dan peran yang terakhir adalah menggerakkan terkadang kita lebih fokus pada peran pertama yaitu mengajak memindahkan keilmuan yang ada di otak kita kotak murid kita memindahkan kurikulum yang ada ke pikiran kita jadi kalau guru hanya sekitar mengajar maka anda akan kalah dengan metode dan pola-pola hari ini bisa online mereka bisa belajar dari YouTube.

Bahkan sekarang sudah ada online yang memungkinkan murid Anda bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru saya ingin Anda masuk ke zona berikutnya yaitu mendidik bagaimana seorang guru mendidik tentu guru menjadi idola menjadi teladan menjadi contoh guru sendiri dari 2 kata digugu dan ditiru diharapkan ketika Anda masuk ke ranah mendidik maka anda bisa memasukkan nilai-nilai norma-norma baik yang bisa dijalankan oleh anak didik kita dalam keseharian kedisiplinan kejujuran bisa dipercaya berbagi bekerja sama berkomunikasi memudahkan urusan orang lain menolong membantu

 Itulah pola-pola yang bisa dimasukkan ketika anda mendidik dan anda bisa masuk lewat pembelajaran apapun mungkin ada guru matematika ada bisa mengajarkan tentang kejujuran kedisiplinan mungkin anda adalah guru IPA bisa mengajarkan tentang bagaimana mereka bersyukur bagaimana mereka mampu berinteraksi bagaimana mereka mampu menjaga dan ternyata guru yang mampu mendidik adalah guru yang menginspirasi guru yang mampu menginspirasi.

 Kenapa karena dari apa yang ada di garasi dia akan menjadikan anda menjadi bagian dari history bagian dari sejarah mereka dan bukan hanya sekedar bagian dari ataupun cerita Anda adalah sosok yang menginspirasi mereka ketika anda, mampu menunjukkan energi anda mampu menunjukkan keteladanan anda mampu menunjukkan bahwa anda sepenuh hati maka adalah inspirator bagi mereka anda motivator bagi mereka dan akhirnya ada mampu menggerakkan mereka untuk mengerjakan apa yang Anda sarankan menggerakkan mereka menjalankan apa yang ada rapat

Jadi sekali lagi guru yang hebat, adalah guru yang tidak sekedar mengajar tapi, dia juga mampu mendidik menginspirasi dan menggerakkan saya akan berikan 5 tips mengajar gaya motivator dan silakan,  Anda pahami satu persatu disini saya akan kirimkan beberapa video,  dan juga tulisan-tulisan terkait dengan mengajar dari motivator 5 tips bagaimana guru dirindukan dicintai dan menginspirasiyang.

 Ketika setiap guru mempraktekannya maka ada sebuah nuansa yang berbeda yang akan dirasakan oleh anak didik ataupun murid-murid anda langkah yang pertama adalah jadilah guru yang menarik dan menyenangkan itulah yang pertama dengan menarik memiliki daya tarik anda memiliki amin berikut beberapa contoh bagaimana anda membuka untuk mengizinkan untuk anda dalam sebuah kondisi yang pastikan, bahwa

Permasalahan anda itu bukan permasalahan keuntungan punya masalah, dengan suami ingat istri dengan teman itu bukan masalah jadi pastikan anda masuk dalam komisi minimalnya dalam senyawa senyum 12251 dari hati 2 centi dan 2 centi kiri cukup 5 detik kalau terlalu lama itu kerang jadi,  cukup senyum masuk yang pertama, dan yang kedua Anda sapa mereka dengan salam, berikan apresiasi izinkan untuk anda yang pertama Anda masuk dalam sebuah kondisi yang senyum pastikan bahwa permasalahan anda itu bukan permasalahan murid anda.

 Kalaupun Anda punya masalah dengan suami dengan istri dengan teman itu bukan masalah mereka anda jadi pastikan anda masuk dalam kondisi nyaman minimalnya adalah senyumlah  yang pertama dan yang kedua Anda sapa mereka dengan salam yang berbeda kalau selama ini Anda mengatakan salam langsung assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh maka mereka belum siap coba.

 Anda ganti dengan format seperti berikut semoga siswa yang menjawab salam saya cerdas otaknyatips berikutnya agar pintu mengizinkan anak didik Anda terbuka untuk Anda sehingga mereka mengizinkan dirinya memperhatikan dan mendengarkan Anda menyukai apapun yang anda bawa yang kedua adalah berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pelajaran dimulai mainkan game sederhana sebelum pembelajaran dimulai Anda bisa lakukan anda bisa lakukan tebak-tebakan anda bisa lakukan games yang bisa Anda ambil dari YouTube dari internet insya Allah saya akan coba kirimkan kepada anda contoh-contoh video sederhana ketika kami memberikan materi training pada siswa-siswi sebelum pembelajaran dilakukan mudah-mudahan dengan contoh-contoh ini anda akan mudah memahami dan melakukan nya selamat mencoba,terimakasih

Salam bloger dari ASNATI, M.TPd 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenangan di Yogyakarta

  Jogya 14 Juli 2022 Salam literas @asnati