Curup, April 16,
2020
Resume Ke 13
Belajar Menulis
Gelombang 8
Sesi 13 atau
pertemuan ke 13
Hari
/Tangal : Kamis, 16 April 2020
Pemateri :
Aris Ahmad Jaya
Judul : Mengajar Gaya Motivator
Penulis Resume :
ASNATI, M.TPd ( SDN 17 Rejang Lebong )
Malam ini saya mengikuti
dari awal , mengikuti pelatihan menulis karena saya nggak kemana-mana, habis
mandi salat Magrib ,setelah salat Magrib langsung lihat wag artinya saya siap
untuk mengikuti belajar menulis, tapi tidak lama kemudian ,alhamdulillah pulsa
saya habis saya agak berkurang semangat dan
setelah beberapa saat saya dapat mengatasi kehabisan pulsa, dan begitu bisa
numpang hotspot tetanngga sebelah langsung lihat wa karena saya sangat ingin
ikut Training mengajar gaya motivator,mata saya saat itu langsung
tertuju pada sms yang omjay kirimkan ke group belajar menulis.
Kata-katanya keren
dong materinya pasti berbeda dengan yang lain karena ini adalah MGM mengajar
gaya motivator ,setelah
itu saya jadi sangat tertarik akhirnya saya mulai membaca dan
mendengarkan dari pertama, berikut kata ini
permulaan dari:
Pak Aris Ahmad perkenalkan
saya Aris Ahmad saya saat ini sebagai seorang motivator character building dan
juga trainer serta coach sekolah-sekolah unggul Indonesia dengan momentum saat
ini di mana anak-anak kita sedang belajar dirumah guru pun seharusnya belajar
kembali tentang bagaimana memiliki seni menyampaikan, memiliki seni untuk dicintai
dirindukan oleh anak didiknya sehingga pembelajaran menjadi menarik
.
Pola mengajar gaya motivator atau MGM dan
insya Allah dengan momentum saat ini saya berbagi dengan anda dan
silakan Anda bagi kepada guru-guru yang lain yang belum sempat mengikuti
training online ini ( intinya belajar dan mengajar itu yang terlitas di pikiran
saya )lalu beliau berkata insya Allah anda akan mempelajari banyak
hal diantaranya adalah bagaimana anda menjadi pribadi yang mampu menarik dan
menyenangkan ,pribadi yang dirindukan dan pribadi yang mampu menginspirasi
serta menjadikan anak didik Anda mencintai Anda .
Selanjutnya bapak
Aris berdasarkan niat saya membagi guru menjadi dua yang pertama
adalah guru betulan yang kedua adalah guru kebetulan guru betulan adalah
guru yang memang dari awal ingin menjadi seorang pendidik ingin mengajak dan
memang dia ingin menjadi guru guru betulan ini memang seorang guru yang
diidamkan guru yang memiliki energi untuk mengajar energi untuk bertemu dengan
siswa energi untuk mengeluarkan keilmuannya kepada anak didiknya guru betulan
memang guru yang diidamkan oleh setiap siswa
Yang kedua guru
kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan menjadi pengajar maka dia menjadi guru
kebetulan lulus dari universitas dan sambil menunggu pekerjaan maka dia melamar
menjadi guru dan kebutuhan kita terima makanya akhirnya menjadi guru sehingga
mau tidak mau harus melanjutkan impian orang tua akhirnya menjadi guru dan
pendidik di yayasan itu kebetulan ada temen yang ngajak daripada nganggur maka menjadi
guru apakah guru kebetulan
Namun kadang-kadang guru
kebetulan pun akan menjadi guru betulan ketika dia mau belajar mau mengerti
bahwa ini bagian dari sebuah proses yang harus dihadapi dan kadang-kadang guru
kebetulan pun bisa menjadi guru yang menjalani kegiatan belajar mengajar
dengan sungguh-sungguh karena dia menyadari bahwa ini bagian dari sebuah proses
baik yang harus dijalankan apakah ada guru betulan atau kebetulan itu salah dan
jadi yang jadi masalah adalah ketika anda tidak mau menerima profesi anda
sebagai seorang guru ,itu yang masalah baik ada guru betulan maupun anda guru
kebetulan ketika anda menerima profesi ada ini sebagai bagian dari sebuah
pilihan dan mau memberi pembelajaran dengan cara yang baik dan
menyenangkan menginspirasi anak didik Anda mencintai ilmu yang anda sampaikan.
Maka sesungguhnya guru betulan maupun guru
kebetulan buahnya akan manis manakala dia adalah guru yang mencintai
profesinya, apa artinya guru betulan namun tidak mau belajar menyampaikan
asal-asalan dan menyesali pilihan hidupnya karena itu selamat datang para guru
yang mau menginvestasikan waktu untuk belajar .
Selanjutnya pak Arif
mengatakan bahwa tipe guru berdasarkan kinerja yaitu saya membagi tiga
tipe guru yang pertama adalah nyasar yang kedua bayar dan yang ketiga
sadar, jadi terbayang di ingatan saya, saya termasuk guru yang mana, ini
yang membuat saya sangat senang karena saya bisa tau kalau saya termasuk guru
yang mana, mudah mudahan bapak ibu guru yang lain juga merasakan hal yang saya
rasakan
Ada Lima langkah yang bisa
anda praktekkan untuk mengajar gaya motivator dan silakan Anda praktekkan 5
langkah ini maka dengan langkah-langkah ini diharapkan anda mampu menjadi guru
yang dicintai guru yang dirindukan guru yang menginspirasi dan guru yang menjadikan
murid-murid anda mencintai anda dan mencintai ilmu yang anda bahwa sebelum saya
berikan 5 saya ingin mencoba membahas sedikit tentang bagaimana peran seorang
guru yang sesungguhnya ada 4 peran guru yang terkadang kita tidak memerankannya
dengan utuh peran yang pertama adalah mengajar peran yang kedua adalah mendidik
peran yang ketiga adalah menginspirasi dan peran yang terakhir adalah
menggerakkan terkadang kita lebih fokus pada peran pertama yaitu mengajak
memindahkan keilmuan yang ada di otak kita kotak murid kita memindahkan
kurikulum yang ada ke pikiran kita jadi kalau guru hanya sekitar mengajar maka
anda akan kalah dengan metode dan pola-pola hari ini bisa online mereka bisa
belajar dari YouTube.
Bahkan sekarang sudah ada
online yang memungkinkan murid Anda bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru
saya ingin Anda masuk ke zona berikutnya yaitu mendidik bagaimana seorang guru
mendidik tentu guru menjadi idola menjadi teladan menjadi contoh guru sendiri
dari 2 kata digugu dan ditiru diharapkan ketika Anda masuk ke ranah mendidik
maka anda bisa memasukkan nilai-nilai norma-norma baik yang bisa dijalankan
oleh anak didik kita dalam keseharian kedisiplinan kejujuran bisa dipercaya
berbagi bekerja sama berkomunikasi memudahkan urusan orang lain menolong
membantu
Itulah pola-pola yang bisa dimasukkan ketika
anda mendidik dan anda bisa masuk lewat pembelajaran apapun mungkin ada guru
matematika ada bisa mengajarkan tentang kejujuran kedisiplinan mungkin anda
adalah guru IPA bisa mengajarkan tentang bagaimana mereka bersyukur bagaimana
mereka mampu berinteraksi bagaimana mereka mampu menjaga dan ternyata guru yang
mampu mendidik adalah guru yang menginspirasi guru yang mampu menginspirasi.
Kenapa karena dari apa yang ada di garasi dia
akan menjadikan anda menjadi bagian dari history bagian dari sejarah mereka dan
bukan hanya sekedar bagian dari ataupun cerita Anda adalah sosok yang menginspirasi
mereka ketika anda, mampu menunjukkan energi anda mampu menunjukkan keteladanan
anda mampu menunjukkan bahwa anda sepenuh hati maka adalah inspirator bagi
mereka anda motivator bagi mereka dan akhirnya ada mampu menggerakkan mereka
untuk mengerjakan apa yang Anda sarankan menggerakkan mereka menjalankan apa
yang ada rapat
Jadi sekali lagi guru yang
hebat, adalah guru yang tidak sekedar mengajar tapi, dia juga mampu mendidik
menginspirasi dan menggerakkan saya akan berikan 5 tips mengajar gaya motivator
dan silakan, Anda pahami satu persatu
disini saya akan kirimkan beberapa video, dan juga tulisan-tulisan terkait dengan
mengajar dari motivator 5 tips bagaimana guru dirindukan dicintai dan
menginspirasiyang.
Ketika setiap guru mempraktekannya maka ada
sebuah nuansa yang berbeda yang akan dirasakan oleh anak didik ataupun
murid-murid anda langkah yang pertama adalah jadilah guru yang menarik dan
menyenangkan itulah yang pertama dengan menarik memiliki daya tarik anda
memiliki amin berikut beberapa contoh bagaimana anda membuka untuk mengizinkan
untuk anda dalam sebuah kondisi yang pastikan, bahwa
Permasalahan anda itu bukan
permasalahan keuntungan punya masalah, dengan suami ingat istri dengan teman
itu bukan masalah jadi pastikan anda masuk dalam komisi minimalnya dalam
senyawa senyum 12251 dari hati 2 centi dan 2 centi kiri cukup 5 detik kalau
terlalu lama itu kerang jadi, cukup
senyum masuk yang pertama, dan yang kedua Anda sapa mereka dengan salam,
berikan apresiasi izinkan untuk anda yang pertama Anda masuk dalam sebuah
kondisi yang senyum pastikan bahwa permasalahan anda itu bukan permasalahan
murid anda.
Kalaupun Anda punya masalah dengan suami
dengan istri dengan teman itu bukan masalah mereka anda jadi pastikan anda
masuk dalam kondisi nyaman minimalnya adalah senyumlah yang pertama dan
yang kedua Anda sapa mereka dengan salam yang berbeda kalau selama ini Anda
mengatakan salam langsung assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh maka
mereka belum siap coba.
Anda ganti dengan format seperti berikut
semoga siswa yang menjawab salam saya cerdas otaknyatips berikutnya agar pintu
mengizinkan anak didik Anda terbuka untuk Anda sehingga mereka mengizinkan
dirinya memperhatikan dan mendengarkan Anda menyukai apapun yang anda bawa yang
kedua adalah berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pelajaran dimulai
mainkan game sederhana sebelum pembelajaran dimulai Anda bisa lakukan anda bisa
lakukan tebak-tebakan anda bisa lakukan games yang bisa Anda ambil dari YouTube
dari internet insya Allah saya akan coba kirimkan kepada anda contoh-contoh
video sederhana ketika kami memberikan materi training pada siswa-siswi sebelum
pembelajaran dilakukan mudah-mudahan dengan contoh-contoh ini anda akan mudah
memahami dan melakukan nya selamat mencoba,terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar