Penelitian
Tindakan Kelas
PENERAPAN
PEMBELAJARAN MODEL TPS BERBASIS MULTI MEDIA
UNTUK
MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA
PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI SD NEGERI 17 REJANG LEBONG
DI SUSUN OLEH:
ASNATI, S. Pd., M.TPd
NIP. 196702061989032004
PEMERINTAH KABUPATEN REJANG LEBONG
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 17 REJANG LEBONG
KECAMATAN CURUP SELATAN
2018
Halaman
Pengesahan
PENERAPAN
PEMBELAJARAN MODEL TPS BERBASIS MULTI MEDIA
UNTUK
MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA
PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI SD NEGERI 17 REJANG LEBONG
NAMA : ASNATI,S.Pd., M.TPd
NIP : 196702061989032004
TEMPAT TUGAS : SD NEGERI 17 REJANG LEBONG
Mengetahui,
Ka.
SD Negeri 17 Rejang Lebong
SUDISMAN,S.Pd,
NIP. 196311191986011001
|
Curup, 2018
Guru
Peneliti
ASNATI,S.Pd.,
M.TPd
NIP. 196702061989032004
|
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat
dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah berupa
penelitian tindakan kelas dengan judul “Penerapan
Pembelajaran Model TPS Berbasis Multi Media untuk Meningkatkan Kerjasama dan
Hasil Belajar siswa pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SD
Negeri 17 Rejang Lebong”.
Penulis
menyadari bahwa dengan keterbatasan pengetahuan yang ada pada diri penulis.
Untuk menghasilkan karya tulis yang baik dan berbobot memerlukan pemikiran dan
penalaran yang sangat tinggi. Apalagi yang ditulis adalah sebuah karya ilmiah
yang harus menyajikan data akurat bukanlah suatu pekerjaan yang mudah ditambah
lagi dengan keterbatasan waktu penelitian dan penulisannya.
Dengan
tekat dan kerja keras serta kegigihan untuk mencapai tujuan serta bantuan semua
pihak akhirnya karya ilmiah ini dapat juga diselesaikan. Untuk ini penulis
mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1. Bapak
Idimanto,S.Pd, selaku kepala sekolah SD Negeri
17
Rejang Lebong;
2. Dewan
guru SD Negeri 17 Rejang Lebong;
3. Siswa-siswi
kelas VI SD
Negeri17
Rejang Lebong;
4. Orang
terkasih yang selalu memberi dukungan untuk menyelesaikan karya ilmiah ini;
5. Semua
pihak yang telah memberikan bantuan dan dorongan sehingga penulisan karya
ilmiah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Akhirnya
dalam kesempatan ini penulis berharap semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat
bagi pendidik. Atas kekurangannya penulis mohon kritik dan saran yang bersifat
membangun sehingga menghasilkan karya ilmiah yang baik dan sempurna.
Curup, Agustus 2018
Penulis
ASNATI,S.Pd.,
M.TPd
NIP. 196702061989032004
|
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ............................................................................................... i
HALAMAN
PENGESAHAN ............................................................................ ii
KATA
PENGANTAR ......................................................................................... iii
DAFTAR
ISI .... iv
BAB
I PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG ............................................................................ 1
B. RUMUSAN
MASALAH ........................................................................ 2
C. TUJUAN
PENELITIAN ......................................................................... 4
D. MANFAAT
PENELITIAN ..................................................................... 5
BAB
II KAJIAN PUSTAKA
A. PENGERTIAN BELAJAR.....................................................................
7
B. PENGERTIAN PRESTASI ................................................................... 7
C. PENGERTIAN MEDIA.........................................................................
7
D. METODE DISKUSI .............................................................................. 7
BAB
III METODE PENELITIAN
A. SUBYEK
PENELITIAN ........................................................................ 9
1. TEMPAT
DAN WAKTU PELAKSANAAN .................................. 9
B. DESKRIPSI PER SIKLUS..................................................................... 10
C. HAL-HAL
YANG UNIK ....................................................................... 16
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. DESKRIPSI PERSIKLUS...................................................................... 18
B. PEMBAHASAN
..................................................................................... 19
C.
PEMBAHASAN DARI
SETIAP SIKLUS.......................................... 23
BAB
V KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
....................................................................................... 24
B. SARAN
.................................................................................................... 24
DAFTAR
PUSTAKA...........................................................................................
LAMPIRAN.........................................................................................................
Keren Bunda asnati, mantul
BalasHapus