Pengikut

Jumat, 17 April 2020

JUDUL PTK ASNATI


Penelitian Tindakan Kelas

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TPS BERBASIS MULTI MEDIA
UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI SD NEGERI 17 REJANG LEBONG  

    


DI SUSUN OLEH:
ASNATI, S. Pd., M.TPd
NIP. 196702061989032004






PEMERINTAH KABUPATEN REJANG LEBONG DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 17 REJANG LEBONG
KECAMATAN CURUP SELATAN
 2018



Halaman Pengesahan
PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TPS BERBASIS MULTI MEDIA
UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI SD NEGERI 17 REJANG LEBONG



                        NAMA                       : ASNATI,S.Pd., M.TPd
NIP                             : 196702061989032004
TEMPAT TUGAS   : SD NEGERI 17 REJANG LEBONG



Mengetahui,
Ka. SD Negeri 17 Rejang Lebong




SUDISMAN,S.Pd,
NIP. 196311191986011001
Curup,                       2018
Guru Peneliti




ASNATI,S.Pd., M.TPd
NIP. 196702061989032004


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah berupa penelitian tindakan kelas dengan judul “Penerapan Pembelajaran Model TPS Berbasis Multi Media untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar siswa pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SD Negeri 17 Rejang Lebong”.
Penulis menyadari bahwa dengan keterbatasan pengetahuan yang ada pada diri penulis. Untuk menghasilkan karya tulis yang baik dan berbobot memerlukan pemikiran dan penalaran yang sangat tinggi. Apalagi yang ditulis adalah sebuah karya ilmiah yang harus menyajikan data akurat bukanlah suatu pekerjaan yang mudah ditambah lagi dengan keterbatasan waktu penelitian dan penulisannya.
Dengan tekat dan kerja keras serta kegigihan untuk mencapai tujuan serta bantuan semua pihak akhirnya karya ilmiah ini dapat juga diselesaikan. Untuk ini penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1.    Bapak Idimanto,S.Pd, selaku kepala sekolah SD Negeri 17 Rejang Lebong;
2.    Dewan guru SD Negeri 17 Rejang Lebong;
3.    Siswa-siswi kelas VI SD Negeri17 Rejang Lebong;
4.    Orang terkasih yang selalu memberi dukungan untuk menyelesaikan karya ilmiah ini;
5.    Semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dorongan sehingga penulisan karya ilmiah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Akhirnya dalam kesempatan ini penulis berharap semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pendidik. Atas kekurangannya penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun sehingga menghasilkan karya ilmiah yang baik dan sempurna.

Curup,        Agustus 2018
Penulis



ASNATI,S.Pd., M.TPd
NIP. 196702061989032004




DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL ...............................................................................................  i
HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................  ii
KATA PENGANTAR ......................................................................................... iii
DAFTAR ISI                                                                                                         ....  iv
BAB I PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG ............................................................................  1
B.     RUMUSAN MASALAH ........................................................................  2
C.     TUJUAN PENELITIAN .........................................................................  4
D.    MANFAAT PENELITIAN .....................................................................  5

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.    PENGERTIAN  BELAJAR..................................................................... 7
B.     PENGERTIAN  PRESTASI ...................................................................  7
C.     PENGERTIAN  MEDIA......................................................................... 7
D.    METODE  DISKUSI ..............................................................................  7

BAB III METODE PENELITIAN
A.    SUBYEK PENELITIAN ........................................................................ 9
1.      TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN .................................. 9
B.     DESKRIPSI  PER SIKLUS..................................................................... 10
C.     HAL-HAL YANG UNIK ....................................................................... 16

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    DESKRIPSI  PERSIKLUS...................................................................... 18
B.     PEMBAHASAN ..................................................................................... 19
C.     PEMBAHASAN  DARI  SETIAP  SIKLUS.......................................... 23

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.    KESIMPULAN ....................................................................................... 24
B.     SARAN .................................................................................................... 24
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................
LAMPIRAN.........................................................................................................



















1 komentar:

Kenangan di Yogyakarta

  Jogya 14 Juli 2022 Salam literas @asnati