LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Penerapan
Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Bermakna
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 06
Curup Selatan Kabupaten
Rejang Lebong
PTK
Diajukan sebagai syarat kenaikan pangkat
OLEH
ASNATI, S.Pd
NIP.196702061989032004
DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN REJANG LEBONG
2015
HALAMAN
PENGESAHAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NO 06
CURUP SELATAN
KECAMATAN CURUP
SELATAN
KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Penerapan
Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Bermakna
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 06
Curup Selatan Kabupaten
Rejang Lebong
Oleh
N A M A
N I P
SEKOLAH
|
: ASNATI, S.Pd
: 196702061989032004
: SD NEGERI 06 CURUP SELATAN
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
IDIMANTO, S.Pd
NIP :197208021994081001
|
|
Curup Selatan, Mei 2015
Penulis
ASNATI, S.Pd
NIP: 196702061989032004
|
PERSETUJUAN
Judul : Penerapan Integrasi Model Pembelajaran
Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
PKN Siswa Kelas V SD Negeri 06 Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong
Peneliti :
a.Nama : Asnati,s.pd.,M.TPd
b. Nip
: 196702061989032004
c. Jenis Kelamin : Perempuan
d. Pangkat / Gol : Pembina / IV.a
e. Jabatan : Guru Madya
Lokasi Penelitian : SDN 06 Curup Selatan
Waktu Penelitian : Oktober – November 2015
Persetujuan Kepala Sekolah
Tanggal : Desember 2015
Curup
Selatan, Desember 2015
Menyetujui,
Ka
Sekolah SDN 06 Curup Selatan
Idimanto,S.Pd
NIP.196603091989121002
ABSTRAK
ASNATI, 2015. Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Dengan
Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD
Negeri 06 Curup Selatan Kabupaten
Rejang Lebong
Kata Kunci : Pembelajaran Kebermaknaan, Hasil Belajar PKN
Pembelajaran
merupakan tindakan pentransferan pengetahuan melalui tindakan yang terarah dan
terprogram. Pembelajaran PKN sangat dituntut adanya perubahan mental yang
menjadi sikap terpuji dari siswanya. Melalui pembelajaran kooperatif diharapkan
siswa dapat mempelajari dan mengamalkan sikap mental dari kebermaknaan yang ada
pada masing – masing mata pelajaran untuk dapat dilakukan pada lingkungan
masyarakat di sekitarnya. Permasalahan
dari peneltian ini adalah 1. Apakah Penerapan
Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan masalah dengan pembelajaran bermakna dapat meningkatkan
hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 06 Curup Selatan? 2. Apakah Penerapan
Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan masalah dengan pembelajaran bermakna dapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa Kelas V SD Negeri 06 Curup Selatan? Tujuan Penelitian
ini adalah 1. Mendeskripsikan
Penerapan Integrasi Model Pembelajaran
Pemecahan masalah dengan pembelajaran bermakna dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V
SD Negeri 06 Curup Selatan. 2.
Untuk mengungkapkan Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan masalah
dengan pembelajaran bermakna dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Kelas IV SD Negeri 06
Curup Selatan. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V SDN 06 Curup Selatan, dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan
data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara, analisis data menggunakan
analisis data tes dan analisis data observasi. Hasil penelitian ini adalah: (1). Penerapan metode kooperatif dengan pendekatan
kebermaknaan dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PKN di SDN 06 Curup Selatan terbukti dari hasil belajar pada siklus I
6,44, siklus II 7,4 dan siklus III 8,0. (2) Penerapan metode kooperatif dengan pendekatan kebermaknaan
dalam pembelajaran PKN dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara berkelompok,
anggota yang menjadi pemandu mengajarkan kepada anggota kelompoknya agar semua anggotanya menjadi lebih memahami materi yang
diajarkan serta dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas
V SDN 06 Curup Selatan
KATA PENGANTAR
Puji serta syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan
jasmani dan rohani, kesabaran dan kekuatan kepada penulis sehingga penelitian ini dapat terlaksana dengan baik. Shalawat dan salam senantiasa kita
kirimkan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang telah
menuntun umatnya dari alam kejahiliaan ke alam yang penuh nuansa Iman, Islam,
Ihsan, sebagaimana yang kita rasakan saat ini.
Selama
proses penelitian sampai disusunnya skripsi ini tentu tidak lepas dari peranan
banyak pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah membimbing,
membantu dan memberikan semangat pada penulis. Oleh karena itu pada kesempatan
ini penulis mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat:
1.
Kepala
sekolah, segenap dewan guru, dan seluruh siswa kelas V SDN 06 Curup Selatan, atas segenap dukungan, pengarahannya dan
kerjasamanya kepada peneliti sehingga peneliti dapat menyelesaikan PTK.
2.
Suami tercinta yang selalu memberikan dukungan,
do’a, dan motivasinya, sehingga penulis bisa menyelesaikan PTK.
3.
Anak
anak tersayang yang telah memberikan dukungan serta semangatnya kepada ibunda.
4.
Teman-teman seperjuangan yang telah banyak membantu
penulis, baik berupa materi atau dorongan semangat, sehinggga PTK ini dapat selesai dengan baik.
Semoga kebaikan dan
bantuan yang telah diberikan kepada penulis akan menjadi amal ibadah yang
bernilai pahala di sisi Allah. Amin
Penulis sadar bahwa
skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, kritik dan saran yang bersifat
membangun akan sangat penulis harapkan. Akhirnya semoga PTK ini bermanfaat bagi penulis khususnya
dan bagi pembaca pada umumnya.
Curup Selatan, Pebruari 2015
ASNATI, S.Pd
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL …………………………………………………………...
|
i
|
||
HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………….
|
ii
|
||
MOTTO ................................................................................................................
|
iii
|
||
PERSEMBAHAN.................................................................................................
|
iii
|
||
ABSTRAK....................................................................................................
|
iv
|
||
KATA PENGANTAR...................................................................................
|
v
|
||
DAFTAR ISI………………………………………………………………….......
DAFTAR TABEL …………………………………………………………….....
|
vii
viii
|
||
BAB I
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
A. Latar Belakang ………………………………………………..........
|
1
|
|
|
B. Rumusan Masalah ………………………………….......................
|
6
|
|
|
C. Tujuan Penelitian……………………………………………..........
|
7
|
|
|
D. Manfaat Penelitian…………………………………………............
|
7
|
|
|
|
|
|
BAB II
|
KAJIAN PUSTAKA
|
|
|
|
A
Model – Model Pembelajaran
…………………………..........
|
9
|
|
|
B.Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative
learning).
|
9
|
|
|
C.Model Cooperative
Learning Tipe Pendekatan
Kebermaknaan ....
|
10
|
|
|
D. Pendidikan
Kewarganegaraan ( PKn)…....................
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB III
|
METODE PENELITIAN
|
|
|
|
A. Tempat dan Waktu Penelitian
....................................................
|
18
|
|
|
B.
Jenis Penelitian
...........................................................................
|
18
|
|
|
C. Subyek Penelitian.............................................................................
|
19
|
|
|
D. Prosedur Penelitian (langkah-
langkah PTK)..................................
|
19
|
|
|
E. Teknik Pengumpulan
Data.........................................................
|
25
|
|
|
F. Teknik Analisa Data.....................................................
|
27
|
|
|
|
|
|
BAB IV
|
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
|
|
|
|
A. Deskripsi Daerah Penelitian
|
30
|
|
|
B. Hasil
Penelitian
|
35
|
|
|
C. Pembahasan
|
50
|
|
|
|
|
|
BAB V
|
KESIMPULAN DAN SARAN
|
|
|
|
A. Kesimpulan
|
57
|
|
|
B. Saran
|
57
|
|
Daftar Pustaka
|
|
||
Lampiran
|
|
||
|
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar