Pengikut

Sabtu, 18 April 2020


LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 06 Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong





PTK


Diajukan sebagai syarat kenaikan pangkat




OLEH

ASNATI, S.Pd
NIP.196702061989032004










DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN REJANG LEBONG
2015





HALAMAN PENGESAHAN



PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NO 06 CURUP SELATAN
KECAMATAN CURUP SELATAN
KABUPATEN REJANG LEBONG   PROVINSI BENGKULU




LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 06 Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong






Oleh

N A M A
N I P
SEKOLAH
:  ASNATI, S.Pd
:  196702061989032004
: SD NEGERI 06 CURUP SELATAN


Mengetahui
Kepala Sekolah




IDIMANTO, S.Pd
NIP :197208021994081001

Curup Selatan,      Mei 2015
Penulis




ASNATI, S.Pd
NIP: 196702061989032004



PERSETUJUAN

Judul : Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 06 Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong

Peneliti :
a.Nama                  : Asnati,s.pd.,M.TPd
b. Nip                    : 196702061989032004
c. Jenis Kelamin  : Perempuan
d. Pangkat / Gol  : Pembina / IV.a
e. Jabatan             : Guru Madya
Lokasi Penelitian : SDN 06 Curup Selatan
Waktu Penelitian : Oktober – November 2015


Persetujuan Kepala Sekolah
Tanggal  :             Desember 2015





Curup Selatan,      Desember 2015  
Menyetujui,
Ka   Sekolah SDN 06 Curup Selatan


Idimanto,S.Pd
                                   NIP.196603091989121002    



ABSTRAK

ASNATI, 2015. Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 06 Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong

Kata Kunci : Pembelajaran Kebermaknaan, Hasil Belajar PKN

Pembelajaran merupakan tindakan pentransferan pengetahuan melalui tindakan yang terarah dan terprogram. Pembelajaran PKN sangat dituntut adanya perubahan mental yang menjadi sikap terpuji dari siswanya. Melalui pembelajaran kooperatif diharapkan siswa dapat mempelajari dan mengamalkan sikap mental dari kebermaknaan yang ada pada masing – masing mata pelajaran untuk dapat dilakukan pada lingkungan masyarakat di sekitarnya. Permasalahan dari peneltian ini adalah 1.       Apakah Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan masalah dengan pembelajaran bermakna dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 06 Curup Selatan? 2.             Apakah Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan masalah dengan pembelajaran bermakna dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Kelas V SD Negeri 06 Curup Selatan? Tujuan Penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan masalah dengan pembelajaran bermakna dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 06 Curup Selatan. 2. Untuk mengungkapkan Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Pemecahan masalah dengan pembelajaran bermakna dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Kelas IV SD Negeri 06 Curup Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 06 Curup Selatan, dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara, analisis data menggunakan analisis data tes dan analisis data observasi. Hasil penelitian ini adalah: (1). Penerapan metode kooperatif dengan pendekatan kebermaknaan dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN di SDN 06 Curup Selatan terbukti dari hasil belajar pada siklus I 6,44, siklus II  7,4 dan siklus III  8,0. (2) Penerapan metode  kooperatif dengan pendekatan kebermaknaan dalam pembelajaran PKN dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara berkelompok, anggota yang menjadi pemandu mengajarkan kepada anggota kelompoknya agar semua  anggotanya menjadi lebih memahami materi yang diajarkan serta dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa  di kelas  V SDN 06 Curup Selatan

KATA PENGANTAR

Puji serta syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan jasmani dan rohani, kesabaran dan kekuatan kepada penulis sehingga penelitian ini dapat terlaksana dengan baik. Shalawat dan salam senantiasa kita kirimkan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang telah menuntun umatnya dari alam kejahiliaan ke alam yang penuh nuansa Iman, Islam, Ihsan, sebagaimana yang kita rasakan saat ini.
Selama proses penelitian sampai disusunnya skripsi ini tentu tidak lepas dari peranan banyak pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah membimbing, membantu dan memberikan semangat pada penulis. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat:
1.             Kepala sekolah, segenap dewan guru, dan seluruh siswa kelas V SDN 06 Curup Selatan, atas segenap dukungan, pengarahannya dan kerjasamanya kepada peneliti sehingga peneliti dapat menyelesaikan PTK.
2.      Suami tercinta yang selalu memberikan dukungan, do’a, dan motivasinya, sehingga penulis bisa menyelesaikan PTK.
3.      Anak anak tersayang yang telah memberikan dukungan serta semangatnya kepada ibunda.
4.      Teman-teman seperjuangan yang telah banyak membantu penulis, baik berupa materi atau dorongan semangat, sehinggga PTK ini dapat selesai dengan baik.
Semoga kebaikan dan bantuan yang telah diberikan kepada penulis akan menjadi amal ibadah yang bernilai pahala di sisi Allah. Amin
Penulis sadar bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, kritik dan saran yang bersifat membangun akan sangat penulis harapkan. Akhirnya semoga PTK ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
                                                          Curup Selatan,  Pebruari  2015
                     
                                                                     
ASNATI, S.Pd
                                                                                      






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………...
i
HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………….
ii
MOTTO ................................................................................................................
iii
PERSEMBAHAN.................................................................................................
iii
ABSTRAK....................................................................................................
iv
KATA PENGANTAR...................................................................................
v
DAFTAR                            ISI………………………………………………………………….......
DAFTAR TABEL …………………………………………………………….....
vii
viii
BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang ………………………………………………..........
1

B. Rumusan Masalah ………………………………….......................
6

C. Tujuan Penelitian……………………………………………..........
7

D. Manfaat Penelitian…………………………………………............
7



BAB II
KAJIAN  PUSTAKA


 A  Model – Model  Pembelajaran …………………………..........
9

 B.Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative learning).
9

 C.Model Cooperative Learning Tipe Pendekatan Kebermaknaan ....
10

 D. Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn)…....................
14






BAB III
  METODE PENELITIAN


 A. Tempat dan Waktu Penelitian ....................................................
18

 B.  Jenis Penelitian ...........................................................................
18

 C. Subyek Penelitian.............................................................................
19

 D. Prosedur Penelitian (langkah- langkah PTK)..................................
19

 E. Teknik Pengumpulan Data.........................................................
25

 F. Teknik Analisa Data.....................................................
27



BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


A. Deskripsi Daerah Penelitian
30

B. Hasil Penelitian
35

C. Pembahasan
50



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


A. Kesimpulan
57

B. Saran
57
Daftar Pustaka

Lampiran







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Langkah Baru

  Langkah Baru Harapan Baru Karya. Asnati Setelah sunyi langkah terhenti  Terkurung dalam diam sepi  Kini ku melangkah, hati berseri  Kembal...