Siklus I Pertemuan 1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 17 Rejang Lebong
Mata Pelajaran : Tematik
Sub Tema : Bahasa Indonesia
Bab 2 : Cerita Rakyat
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit (1 Pertemuan 3 JP)
I.
Standar Kompetensi
1.
Memahami
penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara
lisan.
II. Kompetensi Dasar
1.2 Mengidentifikasi
unsur cerita tentang cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba”yang didengarnya.
III. Indikator Pembelajaran
1.2.1
Mengidentifikasi
nama tokoh dan watak dalam cerita rakyat
“Asal
Mula Danau Toba”.
IV. Tujuan Pembelajaran
A. Setelah mendengarkan penjelasan dan cerita
rakyat dari guru, siswa dapat mengidentifikasi tokoh dan watak dalam cerita
rakyat dengan baik.
V. Teknik
dan Metode Pembelajaran
A. Teknik :
Digtogloss
B. Metode :
ceramah, diskusi, tanya jawab
VI. Materi Pokok
Cerita rakyat
VII.Media
dan Sumber Belajar
A.
Media : teks cerita
rakyat “Asal Mula Danau Toba”.
B.
Sumber Belajar:
- Nur’aini, Umri dan Indriyani. 2008.
Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar
Kelas V. Jakarata: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal |
1. Guru mengucapkan salam dan berdo’a Bersama. 2. Guru mengabsen siswa. 3. Guru menanyakan kesiapan siswa untuk
mengikuti materi pembelajaran. 4. Guru memberi tahu tentang teknik yang akan diterapkan yaitu teknik Digtogloss. |
5 menit |
Kegiatan
Inti |
1.
Guru membagi siswa
menjadi 4 kelompok 2.
Siswa membaca materi cerita rakyat “Asal
Mula Danau Toba” dan unsurnya. 3.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba”dan unsurnya. 4.
Siswa mendengarkan cerita rakyat“Asal
Mula Danau Toba” yang dibacakan guru. 5.
Siswa membuat catatan mengenai cerita rakyat “Asal
Mula Danau Toba”yang telah di jelaskan oleh guru 6.
Siswa mengumpulkan catatan catatan dan menyusun
kembali teks versi mereka 7.
Masing-masing kelompok maju satu per satu untuk
menulis inti dari teks yang telah mereka tulis 8.
Siswa membandingkan teks yang telah mereka tulis
dengan teks asli, kalimat demi kalimat 9.
Siswa mengidentifikasi nama tokoh dan watak dalam
cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba” yang didengarkan. 10.
Siswa mengidentifikasi tema dan amanat dari cerita
rakyat yang didengarkan. 11.
Siswa bersama guru bertanya jawab tentang nama
tokoh, tema, dan amanat dalam cerita rakyat yang dibacakan guru. |
50 menit |
Kegiatan
Penutup |
1.
Siswa didampingi guru membuat
kesimpulan. 2.
Siswa mengerjakan soal evaluasi. 3.
Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa. |
15 menit |
IX. Penilaian
A. Teknik Penilaian
·
Penilaian Hasil Belajar (evaluasi)
B. Instrumen Penilaian
No
soal |
Skor |
1 |
2 |
2 |
1 |
3 |
1 |
4 |
2 |
5 |
5 |
Jumlah |
10 |
Keterangan :
Skor maksimal = 10
Nilai = x 100
Mengetahui Ka. SD Negeri 17 Rejang Lebong Insiati, S,Pd NIP. 196012181981112001 |
Curup, 9 Juli 2019 Guru Kelas V Asnati, M.TPd NIP. 196702061989032004 |
Siklus II Pertemuan I
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 17
Rejang Lebong
Mata Pelajaran : Tematik
Sub Tema : Bahasa Indonesia
Bab 2 : Cerita Rakyat
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit (1 Pertemuan 3 JP)
I.
Standar Kompetensi
1.
Memahami
penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara
lisan.
II. Kompetensi Dasar
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita
rakyat “Bawang Putih dan Bawang Merah”yang didengarnya.
III. Indikator Pembelajaran
1.2.1
Mengidentifikasi
nama tokoh dan watak dalam cerita rakyat
“Bawang
Putih dan Bawang Merah”.
IV. Tujuan Pembelajaran
A. Setelah mendengarkan penjelasan dan cerita
rakyat dari guru, siswa dapat mengidentifikasi tokoh dan watak dalam cerita
rakyat dengan baik.
V. Berani
Teknik dan Metode Pembelajaran
A. Teknik :
Digtogloss
B. Metode :
ceramah, diskusi, tanya jawab
VI. Materi Pokok
Cerita rakyat
VII.Media
dan Sumber Belajar
A.
Media : teks cerita
rakyat “Bawang Putih dan Bawang Merah”
B.
Sumber Belajar:
- Nur’aini, Umri dan Indriyani. 2008.
Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar
Kelas V. Jakarata: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal |
1. Guru mengucapkan salam dan berdo’a Bersama. 2. Guru mengabsen siswa. 3. Guru menanyakan kesiapan siswa untuk
mengikuti materi pembelajaran. 4. Guru memberi tahu tentang teknik yang akan diterapkan yaitu teknik Digtogloss. |
5 menit |
Kegiatan
Inti |
1.
Guru membagi siswa
menjadi 4 kelompok 2.
Siswa membaca materi cerita rakyat “Bawang
Putih dan Bawang Merah” dan unsurnya. 3.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
cerita “Bawang Putih dan Bawang Merah” dan unsurnya. 4.
Siswa mendengarkan cerita rakyat “Bawang
Putih dan Bawang Merah” yang dibacakan guru. 5.
Siswa membuat catatan mengenai cerita rakyat “Bawang
Putih dan Bawang Merah” yang telah di jelaskan oleh guru 6.
Siswa mengumpulkan catatan catatan dan menyusun
kembali teks versi mereka 7.
Masing-masing kelompok maju satu per satu untuk
menulis inti dari teks yang telah mereka tulis 8.
Siswa membandingkan teks yang telah mereka tulis
dengan teks asli, kalimat demi kalimat 9.
Siswa mengidentifikasi Tokoh dan watak dalam
cerita rakyat “Bawang Putih dan Bawang Merah”yang didengarkan. |
50 menit |
Kegiatan
Penutup |
1.
Siswa didampingi guru membuat
kesimpulan. 2.
Siswa mengerjakan soal evaluasi. 3.
Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa. |
15 menit |
IX. Penilaian
A. Teknik Penilaian
·
Penilaian Hasil Belajar (evaluasi)
B. Instrumen Penilaian
No
soal |
Skor |
1 |
2 |
2 |
1 |
3 |
1 |
4 |
2 |
5 |
5 |
Jumlah |
10 |
Keterangan :
Skor maksimal = 10
Nilai = x 100
Mengetahui Ka.SD Negeri 17 Rejang Lebong
Insiati, S,Pd NIP. 196012181981112001 |
Curup, 23 Oktober 2019 Guru Kelas V
Asnati, M.TPd NIP. 196702061989032004 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar