Lembar Observasi Aktivitas Pengelolaan Pembelajaran
SIKLUS I
Nama Sekolah |
: |
SD Negeri 17 Rejang Lebong |
Nama Observer |
: |
Asnati, M.TPd |
Status Observer |
: |
Wali Kelas |
Observasi ke- |
: |
I |
Kelas/ Semester |
: |
V/II |
Hari, Tanggal |
: |
Jum’at, 2 Agustus 2019 |
Petunjuk Pengisian |
: |
Berilah tanda (√) pada
kolom yang tersedia berdasarkan hasil pengamatan yang anda lihat. |
No |
Aspek yang diamati |
Kriteria
Penilaian |
|||
K |
C |
B |
SB |
||
A |
Kegiatan Awal |
|
|
|
|
1. |
Guru mengucapkan salam dan berdo’a Bersama. |
|
ü |
|
|
2. |
Guru mengabsen siswa. |
|
ü |
|
|
3. |
Guru menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti materi
pembelajaran. |
|
ü |
|
|
4. |
Guru
memberi tahu tentang teknik yang akan diterapkan yaitu teknik Digtogloss. |
|
ü |
|
|
B |
Kegiatan
inti |
|
|
|
|
1. |
Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok |
|
|
ü |
|
2. |
Siswa membaca materi cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba” dan unsurnya. |
|
ü |
|
|
3. |
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
tentang cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba”dan unsurnya. |
|
|
ü |
|
4. |
Siswa mendengarkan cerita rakyat“Asal Mula
Danau Toba” yang dibacakan guru. |
|
ü |
|
|
5. |
Siswa membuat catatan mengenai cerita rakyat
“Asal Mula Danau Toba”yang telah di jelaskan oleh guru |
|
|
ü |
|
6. |
Siswa mengumpulkan catatan catatan dan
menyusun kembali teks versi mereka |
|
|
ü |
|
7. |
Masing-masing kelompok maju satu per satu
untuk menulis inti dari teks yang telah mereka tulis |
|
|
|
ü |
8. |
Siswa membandingkan teks yang telah mereka
tulis dengan teks asli, kalimat demi kalimat |
|
|
|
ü |
9. |
Siswa mengidentifikasi nama tokoh dan watak dalam cerita rakyat
“Asal Mula Danau Toba” yang didengarkan. |
|
|
ü |
|
10. |
Siswa mengidentifikasi tema dan amanat dari
cerita rakyat yang didengarkan. |
|
|
ü |
|
11. |
Siswa bersama guru bertanya jawab tentang
nama tokoh, tema, dan amanat dalam cerita rakyat yang dibacakan guru. |
|
ü |
|
|
C |
Kegiatan
penutup |
|
|
|
|
1. |
Siswa didampingi guru membuat kesimpulan. |
|
ü |
|
|
2. |
Siswa
mengerjakan soal evaluasi. |
|
|
ü |
|
3. |
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa. |
|
ü |
|
|
Jumlah Skor |
43 |
||||
Kriteria
Penilaian |
Baik |
Keterangan kriteria penilaian |
||
Kisaran skor |
Kriteria penilaian |
Skor |
60-72 |
Sangat Baik |
4 |
46-59 |
Baik |
3 |
32-45 |
Cukup |
2 |
18-31 |
Kurang |
1 |
Curup Selatan, 2 Agustus 2019 Pengamat I Asnati, M.TPd NIP. 196702061989032004 |
Lembar Observasi Aktivitas Pengelolaan Pembelajaran
SIKLUS II
Nama Sekolah |
: |
SD Negeri 17 Rejang Lebong |
Nama Observer |
: |
Rita Yuliyana, S.Pd |
Observasi ke- |
: |
II |
Kelas/ Semester |
: |
V/II |
Hari, Tanggal |
: |
Senin, 14 Oktober 2019 |
Petunjuk Pengisian |
: |
Berilah tanda (√) pada
kolom yang tersedia berdasarkan hasil pengamatan yang anda lihat. |
NO |
Aspek yang diamati |
Kriteria Penilaian |
|||
K |
C |
B |
SB |
||
A |
Kegiatan Awal |
|
|
|
|
1. |
Guru mengucapkan salam dan berdo’a Bersama. |
ü |
|
|
|
2. |
Guru mengabsen siswa. |
ü |
|
|
|
3. |
Guru menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti materi
pembelajaran. |
ü |
|
|
|
4. |
Guru
memberi tahu tentang teknik yang akan diterapkan yaitu teknik Digtogloss |
ü |
|
|
|
B |
Kegiatan
inti |
|
|
|
|
1. |
Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok |
|
ü |
|
|
2. |
Siswa membaca materi cerita rakyat “Bawang
Putih dan Bawang Merah” dan unsurnya. |
|
ü |
|
|
3. |
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
tentang cerita “Bawang Putih dan Bawang Merah” dan unsurnya. |
ü |
|
|
|
4. |
Siswa mendengarkan cerita rakyat “Bawang
Putih dan Bawang Merah” yang dibacakan guru. |
ü |
|
|
|
5. |
Siswa membuat catatan mengenai cerita rakyat
“Bawang Putih dan Bawang Merah” yang telah di jelaskan oleh guru |
|
ü |
|
|
6. |
Siswa mengumpulkan catatan catatan dan
menyusun kembali teks versi mereka |
|
ü |
|
|
7. |
Masing-masing kelompok maju satu per satu
untuk menulis inti dari teks yang telah mereka tulis |
ü |
|
|
|
8. |
Siswa membandingkan teks yang telah mereka
tulis dengan teks asli, kalimat demi kalimat |
ü |
|
|
|
9. |
Siswa mengidentifikasi Tokoh dan watak dalam cerita rakyat
“Bawang Putih dan Bawang Merah”yang didengarkan. |
ü |
|
|
|
C |
Kegiatan
penutup |
|
|
|
|
1. |
Siswa didampingi guru membuat
kesimpulan. |
ü |
|
|
|
2. |
Siswa mengerjakan soal evaluasi. |
ü
|
|
|
|
3. |
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa. |
ü |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
||||
Total skor |
|
||||
Kriteria
Penilaian |
|
Keterangan kriteria penilaian |
||
Kisaran skor |
Kriteria penilaian |
Skor |
60-72 |
Sangat Baik |
4 |
46-59 |
Baik |
3 |
32-45 |
Cukup |
2 |
18-31 |
Kurang |
1 |
Curup, 14 Oktober 2019 Pengamat II Rita Yuliyana, S.Pd NIP.19841208 200903 2 009 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar