Pengikut

Senin, 22 Maret 2021

LO Aktivitas Siswa

 

  Lembar Observasi Aktivitas Siswa

 SIKLUS I

 

Nama Sekolah

:

SD Negeri 17 Rejang Lebong

Nama Observer

:

Rita Yuliyana, S.Pd

Observasi ke-

:

I

Kelas/ Semester

:

V/II

Hari, Tanggal

:

Jum’at, 02 Agustus 2019

Petunjuk Pengisian

:

Berilah tanda (√) pada kolom yang tersedia berdasarkan hasil pengamatan yang anda lihat.

 

No

Aspek yang diamati

Kriteria Penilaian

K

C

B

SB

A

Kegiatan Awal

 

 

 

 

1.

Siswa menjawab salam dan berdo’a Bersama.

 

 

ü   

 

2.

Siswa menjawab absen dari guru

 

ü   

 

 

3.

Siswa menjawab pertanyaan guru tentang kesiapan  kesiapan siswa untuk mengikuti materi pembelajaran.

 

 

ü   

 

4.

Guru memberi tahu tentang teknik yang akan diterapkan yaitu teknik Digtogloss.

 

ü   

 

 

B

Kegiatan inti

 

 

 

 

1.

Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok

 

 

ü   

 

2.

Siswa membaca materi cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba” dan unsurnya.

 

 

 

ü   

3.

Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba”dan unsurnya.

 

 

ü   

 

4.

Siswa mendengarkan cerita rakyat“Asal Mula Danau Toba” yang dibacakan guru.

 

ü   

 

 

5.

Siswa membuat catatan mengenai cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba”yang telah di jelaskan oleh guru

 

 

ü   

 

6.

Siswa mengumpulkan catatan catatan dan menyusun kembali teks versi mereka

 

 

ü   

 

7.

Masing-masing kelompok maju satu per satu untuk menulis inti dari teks yang telah mereka tulis

 

ü   

 

 

8.

Siswa membandingkan teks yang telah mereka tulis dengan teks asli, kalimat demi kalimat

 

ü   

 

 

9.

Siswa mengidentifikasi nama tokoh dan watak dalam cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba” yang didengarkan.

 

 

ü   

 

10.

Siswa mengidentifikasi tema dan amanat dari cerita rakyat yang didengarkan.

 

 

 

ü   

 

11.

Siswa bersama guru bertanya jawab tentang nama tokoh, tema, dan amanat dalam cerita rakyat yang dibacakan guru.

 

 

 

ü   

C

Kegiatan penutup

 

 

 

 

1.

Siswa didampingi guru membuat

kesimpulan.

 

 

 

 

ü   

2.

Siswa mengerjakan soal evaluasi.

 

ü   

 

 

 

3.

Guru    menutup pembelajaran dengan berdoa.

 

 

ü   

 

Jumlah Skor

40

Kriteria Penilaian

Cukup

 

 

Keterangan kriteria penilaian

Kisaran skor

Kriteria penilaian

Skor

60-72

Sangat Baik

4

46-59

Baik

3

32-45

Cukup

2

18-31

Kurang

1

 

Curup, 02 Agustus 2019

Pengamat II

 

 

 

Rita Yuliyana, S.Pd

NIP.19841208 200903 2 009

 

 

 

  Lembar Observasi Aktivitas Siswa

 SIKLUS II

 

Nama Sekolah

:

SD Negeri 17 Rejang Lebong

Nama Observer

:

Asnati, M.TPd

Observasi ke-

:

II

Kelas/ Semester

:

V/II

Hari, Tanggal

:

Senin, 14 Oktober 2019

Petunjuk Pengisian

:

Berilah tanda (√) pada kolom yang tersedia berdasarkan hasil pengamatan yang anda lihat.

 

No

Aspek yang diamati

Kriteria Penilaian

K

C

B

SB

A

Kegiatan Awal

 

 

 

 

1.

Siswa menjawab salam dan berdo’a Bersama.

 

 

ü   

 

2.

Siswa menjawab absen dari guru

 

ü   

 

 

3.

Siswa menjawab pertanyaan guru tentang kesiapan  kesiapan siswa untuk mengikuti materi pembelajaran.

 

 

ü   

 

4.

Guru memberi tahu tentang teknik yang akan diterapkan yaitu teknik Digtogloss.

 

ü   

 

 

B

Kegiatan inti

 

 

 

 

1.

Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok

 

 

ü   

 

2.

Siswa membaca materi cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba” dan unsurnya.

 

 

 

ü   

3.

Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba”dan unsurnya.

 

 

ü   

 

4.

Siswa mendengarkan cerita rakyat“Asal Mula Danau Toba” yang dibacakan guru.

 

ü   

 

 

5.

Siswa membuat catatan mengenai cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba”yang telah di jelaskan oleh guru

 

 

ü   

 

6.

Siswa mengumpulkan catatan catatan dan menyusun kembali teks versi mereka

 

 

ü   

 

7.

Masing-masing kelompok maju satu per satu untuk menulis inti dari teks yang telah mereka tulis

 

ü   

 

 

8.

Siswa membandingkan teks yang telah mereka tulis dengan teks asli, kalimat demi kalimat

 

ü   

 

 

9.

Siswa mengidentifikasi nama tokoh dan watak dalam cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba” yang didengarkan.

 

 

ü   

 

10.

Siswa mengidentifikasi tema dan amanat dari cerita rakyat yang didengarkan.

 

 

 

ü   

 

11.

Siswa bersama guru bertanya jawab tentang nama tokoh, tema, dan amanat dalam cerita rakyat yang dibacakan guru.

 

 

 

ü   

C

Kegiatan penutup

 

 

 

 

1.

Siswa didampingi guru membuat kesimpulan.

 

 

 

ü   

2.

Siswa mengerjakan soal evaluasi.

ü   

 

 

 

3.

Guru    menutup pembelajaran dengan berdoa.

 

 

ü   

 

Jumlah Skor

40

Kriteria Penilaian

Cukup

 

 

Keterangan kriteria penilaian

Kisaran skor

Kriteria penilaian

Skor

60-72

Sangat Baik

4

46-59

Baik

3

32-45

Cukup

2

18-31

Kurang

1

 

Curup, Senin 14 Oktober 2019

Pengamat I

 

 

Asnati, M.TPd

NIP. 196702061989032004

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Langkah Baru

  Langkah Baru Harapan Baru Karya. Asnati Setelah sunyi langkah terhenti  Terkurung dalam diam sepi  Kini ku melangkah, hati berseri  Kembal...