ABSTRAK
Asnati, M.TPd (19670206 198903 2 004) :
Penerapan Teknik Dictogloss Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Mata Pelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 17
Rejang Lebong.
Penelitian
ini di mulai dari masalah pada
kemampuan menyimak siswa kelas V di SD Negeri 17 Rejang
Lebong masih dibawah KKM 75
sehingga perlu dilakukannya pembaharuan teknik pembelajaran oleh guru
sebagai respon semakin lemahnya kualitas belajar siswa. Keadaan ini dikarenakan
guru masih menggunakan metode serta model pembelajaran yang konvensional
sehingga menimbulkan kejenuhan, kebosanan dan menurunkan kemampaun menulis siswa. Di sisi lain menurut teori bahwa teknik pembelajaran dictogloss dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau (classroom action research). Dengan
menggunakan teknik
dictogloss dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahapan dari
perencanaan, pelaksannan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan
dikelas V SD Negeri 17 Rejang Lebong
, berjumlah 23
siswa. Variabel
penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Analisis data
dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan
rumusan masalah yang telah dirumuskan, kemampuan menulis siswa
sebelum menerapkan teknik dictogglos masih banyak siswa yang di bawah
kkm. hasil penelitian dengan teknik pembelajaran dictogloss dapat
meningkatkan kemampuan menulis siswa, hal ini
dibuktikan dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 60,30
dan
pada siklus II sebesar 75,22.
Sedangkan presentase ketuntasan siklus I saat menggunakan teknik pembelajaran digtogloss
diperoleh
nilai sebesar 43% dan pada siklus II sebesar 82%.
Kata kunci : Teknik Digtogloss,
Kemampuan Menulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar