Pengikut

Senin, 05 April 2021

Cara Jadi Penulis

 



Tanggal pertemuan :  5 April 2021
Resume ke                 : Ke 1
Tema                           : Cara Jadi Penulis
Narasumber.             : Drs, Sugi Astuti. M.Pd
Gelombang                : 18

Aswrwb

Selamat malam bapak/ibu guru hebt semua dan tentunya Narsum keren kita malam ini.Hari pertama gelombang 18 ini adalah hari istimewa karena dibulan Sya'ban dan helang Ramadhan. Saya akan menyimak dengan baik dan menulis untul jadi buku yang akan dipersembahkan kepada SMK TELKOM JAKARTA tempat saya belajar mencintai anak anak tempat saya belajar arti seorang Guru. Juga wabil khusus Om Jay dan PGRI yang mendrive serta guide saya untuk menjadi Guru betulan, ngetiknya typo , menyimak, mengamati, mengadop, manyunting, menyimpulkan, mengemukakan lalu menulis. 7 M dah sayamah. Karena klo ATM habis terhus, Oh iya saya lupa ada yg blm disampaikan. Satu narasumber hanya boleh satu resume Sebentar lagi wa group akan ditutup, Jadi mulai malam ini buat resume ya pa brian? (Pertemuan pertama)

Waalaikummussalam.syukron atas kwsempatan bergabung kembali dengan grup menulis. Barakallah fii ilmi. Terima kasih om Jay, Mbak Aam,  Pak Brian atas sharing ilmunya. Assalamualikum Wr.Wb. Selamat malam Bapak Ibu guru hebat di seluruh tanah air.Malam ini kita akan mulai kegiatan belajar menulis  pertemuan pertama  dengan narasumber hebat Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd. Sebelum kita mulai kelas ini saya akan memberitahukan beberapa info penting selama kegiatan ini. Kelas akan dibagi tiga sesi, sesi yang pertama adalah sesi materi dari pukul 19.00-20.00 WIB. Sesi yang kedua tanya jawab dari pukul 20.00-20.55 WIB. Sesi yang ketiga adalah kesimpulan penutup  dr narasumber pukul 20.55-21.00 WIB. Narasumber hebat kita biasa disapa Bu Kanjeng. Saya mengenal beliau saat menjadi peserta dulu. Baliau juga yang telah membimbing saya menjadi kurator di beberapa antologi belajar menulis dari gelombang 16 dan gelombang 17. Buku saya yang berjudul Kunci sukses menjadi moderator online juga diterbitkan di rekanan Bu Kanjeng. Mari simak profil Bu Kanjeng yuuks

Profil Penulis

Sri  Sugiastuti , dilahirkan  di  Semarang  8  April  1961, dari pasangan  Sugiman- Hj Sri Yatminten. Ia pernah belajar di UNS tahun 1980-1984,  FKIP Bahasa Inggris, setelah jeda melanjutkan ke S2 di UMS Surakarta tahun 2007-2010. Saat ia diamanahi  sebagai  Kepala  SMK  Tunas Pembangunan 2  Surakarta. Penulis  bergerak  di  bidang  kepenulisan saat usianya tidak  muda  lagi.  Akhirnya  dalam  kurun  waktu  singkat  ia  sudah menulis  buku  pelajaran  “ Seri  Pendalaman  Materi  UN  Bahasa Inggris  untuk  SMK ” yang diterbitkan Erlangga tahun  2010  dan  setelah  direvisi  ulang tahun  2015  diterbitkan  kembali. Wow  English is So Easy Kids tahun  2018, dan  Ready  to  English  jilid  1,2,3.  I a  juga  menulis  4 buku  parenting : Seni  Mendidik  Anak  dengan  Tuntunan  Islami 2013.  Masuk  Surga  karena  Anak  2017,  Merawat  Harapan  tahun 2018  dan  The  power  of  Mother’s Prayers. Menulis  2 novel Hidayah "Kugelar  Sajadah  Cinta  tahun  2013, Perempuan  Terbungkas  tahun  2018, dan dua  buku  memoir  dengan judul Catatan  Hati  Menuju  Baitullah" dan " Semangat Menggapai Ridha Allah, 50 Tahun Pernikahan Emas." Satu  buku  Motivasi "The  Stories  of  Wonder  Women, " Satu buku pengayaan "Budi Pekerti  dan  Akhlak  Mulia" tahun  2018.  


Motto  dalam  hidupnya; Bersemangat  menggapai  ridha  Allah  dengan  berbagi  dan silahturahmi”. Penulis  bisa  disapa di  akun  FB  Astutiana  M,  dan IG. Astutiana Mudjono .Nomer WA 089692593804

 Tema malam ini adalah Cara Jadi Penulis. Untuk mengefektifkan waktu, kepada Bu Kanjeng silakan memasuki kelas. Terima kasih, Bila sudah menyimak pesan saya, mohon Bapak Ibu mampir sejenak ke blog saya. Ayo bapak ibu, silakan mampir sejenak ke blognya Bu Kanjeng, MENGENANGMU. |http://www.srisugiastutipln.com/2021/03/mengenangmu.html


        Pentigraf yang mengurass air mata, Semoga husnul khotimah, aminnn.Saya akan share materinya..maaf untuk tanggal mungkin.kadaluarsa Tetapi isinya masih berlaku sepanjang masa ,Setelah ini bisa langsung tanya jawab ya,  Bagi yang ingin bertanya silakan ketik nama, alamat, kirim ke 085710996088. Terima kasih. Aamjuga buku pertama adalah buku antologiY, a berkat buku Antologi  bu Aam crl , Cepat naik kelas dan punya buku tunggal ya

Betul bunda.Makin semangatt dan memberi, Baik bapak ibu, waktu sudah menunjukan pukul 20.00 WIB, kita akan mulai sesi tanya jawab. Silakan perhatikan kode pertanyaan yang saya kirimkan. Kita mulai dengan kode Pertanyaan pertama (P1). Mohon bunda beri kode "N" artinya "Next" untuk melanjutkan pertanyaan. Terima kasih.

 P1

Selamat malam ibu kanjeng, terimakasih sebelumnya sudah membakar saya untuk menulis dan menerima saya untuk membuat buku antologi dengan tema kartini era milenial, sungguh keren ibu Kanjeng.


Saya ibu Leni dari JakartaI. Instansi: SPK Saint Peter Schoolo. MMohonzin bertanya bagaimana menumbuhkan kepercayaan diri untuk menulis pemula karna saya merasa tulisan masih kurang bagus

Bu Kanjeng mengucapkan banyak terima kasih untuk tim sharing materi yang bertugas malam ini. Terima kasih Bu Leni sudah bergabung di buku Antologi  Geliat Kartini.

 Waalaikumsalam Pak. Untuk membangkitkan ide, kita harus banyak membaca. Merenung juga bisa, bersilahturahmi juga bisa. Tergantung apa yang ingin kita tulis. Kita harus punya tujuan menulis itu untuk apa. Pesan yang saya tulis untuk siapa. Pada dasarnya menulis itu sama saja saat kita bertutur secara lisan.

    Waalaikumsalam wr wb. Apa kabar Bu Syafrina. IBu harus fokus dulu dengan tema yang ingin ibu buat. kalaau calon buku non fiksi. ibu harus siapkn referensinya, biisa cari juga buku sejenis sebagai pembanding Untuk buku Fiksi bisa berupa kumpulan cerpen, kumpulan puisi, novel, mini, atau jenis buku lain. Bilaa bahan pendamping sudah lengkap insyaallah ibu akan terbantu. Jangan lupa apa  yang pernah ibu baca, iibu pahami,ibu kuasai silakan dituangkan dalam tulisan tersebut. Bila macet, bisa jda sesaat laluke toko buku, atau googleng untukmendapatkan inspirasi dan semangat baru.

P6

Tuti Suryati Subang.  Bu Aam, boleh saya bertanya ya. Saya ingin mengetahui apa itu Pentigraf dan apa fungsinya. Saya cukup sering mendengar istilah ini tapi belum mengenal dan mengetahuinya langsung. Dari blog Ibu Kanjeng, saya melihat beliau sering menulis Pentigraf. Semoga Ibu Kanjeng dapat memberi pencerahan terhadap pertanyaan saya, terima kasih...

P7


Saya Okmi Astuti dari Pangkalpinang Kepulauan Bangka BelitungI. InstansiSMK Negeri 3 PangkalpinangI. Izinbertanya bunda. Saya penikmat segala tulisan baik fiksi maupun nonfiksi. Yang mengherankan saya, kenapa tiap mau menulis   serasa pikiran kosong, susah sekali mencari ide, apalagi sampai menciptakan keterkaitan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya, alhasil cerita kemana2. Selain itu bagaimana Cara agar bisa fokus sehingga bisa menghasilkan tulisan yang sedap untuk dibaca. 

Terima kasih.

Bu Kanjeng, Om Jay


Salam literasi

Asnati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenangan di Yogyakarta

  Jogya 14 Juli 2022 Salam literas @asnati