Pengikut

Jumat, 20 Maret 2020



KISI-KISI PENULISAN SOAL  ULANGAN TENGAH SEMESTER 2  KELAS V

Jenis Sekolah
Muatan Pelajaran
Kelas / Semester
:
:
:
SD Negeri 17 Rejang Lebong
PKn
V / II

Kurikulum
Jumlah Soal
:
:

2013
25 soal

Tahun Pelajaran
Waktu
Penulis
:
:
:
2019/ 2020
60 Menit
ASNATI,S.Pd., M.TPd

Kompetensi Dasar
Materi pokok
Indikator Soal
No Soal
Bentuk Soal
Rumusaan Soal
Kunci Jawaban
3.2 memeahami hak dan kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari

Haka dan kewajiban














Tanggung jawab







-    Memahami pengertian hak
-    Mengemukanan nam hak anak unntuk menyatkan pendapat menurut konvensi hak anak
-    Mencontohkan hak seorang peserta didik / pelajar
-    Menjelaskan tanggal disahkannya konvensi hak anak-anak oleh PBB
-    Merinci dua dari empat hak anak dalam konvensi hak-hak anak
-    Memahami nama kelompok hak anak untuk mendapatkan perlindungan dari diskriminasi,eksploitasi,kekerasan
-    Memahami arti kewajiban
-    Memahami cara melaksanakan antara hak dan kewajiban
-    Memahai contoh hak dan kewajiban
-    Menentukan pasal dari UUD 1945 yang berbunyi stiap waarga negara untuk memilih,memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing
-    Memeahami istilah yang tepat untuk arti dari keadaan wajib menanggung segala sesuatunya
-    Menentukan sila yang tepat untuk contoh sikap mau menghargai perbedaan suku,ras dan Bahasa
-    Memahami sikap yang benar sebagai anggota masyarakat dalam melaksnakan kewajiban
-    Memahami contoh tanggung jawab siswa di sekolah
-    Mengemukakan komponen yang terlibat dalam melaksanakan aturan di sekolah
1

2


3
4

5


6

7

8
9


10

11


12


13

14

15

Isian

Isian


Isian

Isian

Isian

Isian

Isian

Isian

Isian


Isian

Isian

Isian


Isian

Isian

Isian

1.     Setiap manusia memilki hak-hak uang dilindungi olah undang-undang, yang dimaksud dengan hak adalah 
2.     PBB mengesahkan konvensi hak-hak anak untuk memberikan perkindungan terhadap anak. Hak anak dikelompokan menjadi 4. Hak untuk menyatakan pendapatdalam sebgala hal yang mempengaruhi anak disebut  hak ,,,
3.     Setiap peserta didik pada stuan pendidikan mempunyai beberapa haka. Contoh hak seorang peserta didik /pelajar misalnya …
4.     Konvensi hak-hak anak yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak disahkan oleh PBBpada tanggal 
5.     Empat haka nanak dalam konvensi hak-hak anak dua diantaranya adalah 

6.     Setiap anak berhak mendapatkan perlindungan dari diskriminasi ,eksploitasi,kekerasan dan ketelantaran. Pernyataan tersebut sesuai dengan Konvensi Hak-hak anak, yaitu 
7.     Selain hak, manusia juga memilki kewajiban. Yang dimaksud kewajiban adalah 

8.     Siswa di sekolah tidak dapat terlepas dari kewajiban. Kewajiban tersebut harus dilaksanakan agar mendapatkan hak. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara 
9.     Rambut harus rapi,tidak dicat dan tidak mengganggu suasana belajar(untuk siswa putra rambut tidak melebihi keraah kemeja,alis mata dan telinga) Perntaan ini adalah contoh      di sekolah
10.  Setiap warga negara bebas untuk memilih,memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing merupakan yang tercantum dalam UUD 1945 pasal 
11.  Keadaan wajib menanggung sesuatunya adalah arti dari…
12.  Menghargai perbedaaan suku,ras dan Bahasa adalah bentuk tanggungjawab warga negara sesuai dengan pengamalan Pancasila, sila ke 

13.  Kewajiban anggota masyarakat harus dilaksnakan dengan penuh  
14.  Siswa juga memilki tanggungg jawab dalam melaksanakan tugas, hak dan kewajibannya. Contoh tanggungjawab siswa di sekolah antara lain 
15.  Melaksanakan aturan di sekolah termasuk tanggungjawab dari 
1.        Sesuatu yang patut atau layak diterima

2.        Berpartisipasi

3.        Memperoleh nilai

4.        20 November 1989

5.        Haka kelangsungan hidup
Hak perlindungan
Hak tumbuh kembang
Hak berpartisipasi\

6.        Hak perlindungan
7.        Sesuatu yang dilakukan dengan tanggung jawab
8.        Seimbang
9.        Kewajiban siswa
10.     29
11.     Tanggung jawab
12.     3 (Tiga)
13.     Tanggung jawab
14.     Mentaati tat tertib disekolah
Melaksanakan piket
Menjaga nama baik sekolah

15.     Semua warga sekolah

3.3 menelaah keberagaman social budaya masyarakat

Keberagman suku bangsa


Pengaruh kebudayaan asing

Kongres pemida I

Sumpah Pemuda

Kelompok ras


Toleransi
-    Memehami tujuan negara Indonesia mengembangkan kebudayaan daerah
-    Menganalisis suku bangsa yang berada di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
-    Menelaah bangsa-bangsa asing yang pernah dating ke Indonesia dan mempengeruhi kebudayaan Indonesia
-    Mengungkapkan tanggal dileselnggarakannya kongres pemuda I
-    Mengungkapkan tanggal diikrarkannya Sumpah Pemuda
-    Mengungkapkan bunyi Ikrar Sumpah Pemuda yang ke dua
-    Menganalisis nama daerah yang memiliki kelompok ras Papu Melannesoid
-    Memehami pihak yang bertanggung jawab dalam mengembangkan dan melestarikan kebudayaan
-    Menetukan sikap tyang tepat terhadap teman yang akan beribadah menurut agamanya
-    Mengemukakan nama peristiwa sejarah pada saat lagu Indonesia Raya dinyayikan untuk pertama kalinya

16

17


18


19

20

21

22

23

24


25


16.  Negra Indonesia mengembangkan kebudayaan daerah dalam rangka memperkaya kebudayaan  ….
17.  Masyarakat Indonesia yang majemuk terdiri dari beberapa suku bangsa. Setiap suku bangsa memilki Bahasa dan adat istiadat serta budaya yang berbeda. Contoh suku yang berada di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam  adalah 
18.  Pengaruh bangsa asing yang dating ke Indonesia banyak mempengaruhi kebudayaan Indonesia. Bangsa-bangsa asing itu berasal dari 
19.  Organisasi pemuda dan pelajar mendambakan munculnya persatuan nasional dikalangan pemuda untuk mewujudkan hal tersebut di Jakarta diselenggarakan kongres pemuda I, yaitu pada tanggal 
20.  Adanya peristiwa Sumpah Pemuda menunjukan adanya rasa persatuan dan kesatuan diantara para pemuda yang berbeda ras,suku, golongan dan agama. Sumpah Pemuda diikrarkan pada tanggal 
21.  Benyi ikrar Sumpah Pemuda yang ke dua adalah 
22.  Masyarakat Indonesia berdasarkan ciri fisiknya dibedakan menjadi kelompok ras, Kelompok ras Papua Melanesoid terdapat di …
23.  Yang bertanggungjawab mengembangkan dan melestarikan kebudayaan adalah …
24.  Sikap kita ketika melihat teman yang akan beribadah menurut agamanya  adalah 
25.  Lagu Indonesia Raya untuk pertama kali dinyayikan pada peristiwa 

16. Nasional
17.  Sku Aceh,Gayo,Alas Tamiang,Sigulai,kluet dan Singkil
18.  India,Cina, Arab,Bangsa Eropa
19.  30 April – 2 Mei 1926
20.  28 Oktober  1928

21.  Kami putra dan Putri Indonesia berbangsa yang satu bangsa Indonesia

22.  Papua,Pulau Aru,Pulai Kai

23.  Seluruh bangsa Indonesi

24.  Menghormatinya karena beragama adalah hak pribadi setiap orang

25.  Sumpah Pemuda 28-10-1928



Mengetahui
Kepala Sekolah



INSIATI, S.Pd
Nip. 19601218 198111 2 001

Curup,      Maret  2020
Wali Kelas I



ASNATI, S.Pd., M.TPd
NIP. 19670206 198903 2 004





 KISI-KISI PENULISAN SOAL  ULANGAN TENGAH SEMESTER 2  KELAS V


Jenis Sekolah
Muatan Pelajaran
Kelas / Semester
:
:
:
SD Negeri 17 Rejang Lebong
Bahasa Indonesia
V / II

Kurikulum
Jumlah Soal
Bentuk Soal
:
:
:
2013
25 soal
Isian

Tahun Pelajaran
Waktu
Penulis
:
:
:
2019/ 2020
60 Menit
ASNATI,S.Pd., M.TPd

Kompetensi Dasar
Materi pokok
Indikator Soal
Rumusaan Soal
Kunci Jawaban
3.3bmeringkas teks penjelsan (eksplanasi) dari media cetak atau eletronik

Tels eksplanasi


Kata kunci
1.    Menentukan nama teks yang berisi penjelsan bagaimana dan mengapa sutu kejadian terjadi
2.    Menyimpulkan kata kunci dari paragraph yang ada
3.    Menerangkan pengertian dari energy panas
4.    Menganalisis kata kunci dari paragraph yang disajikan
5.    Menganalisis factor yang menyebabkan bumi menjadi hangat
6.    Menjelaskan sbab dari prpindahan panas matahari ke bumi tidak membuat matahari menjadi dingin
7.    Menyimpulkan dari kata atau ungkapan yang mewakili gagasan yang penting
8.    Memahami cara menentukan kesimpulan
9.    Menganalisi pokok pikiran yang terdapat
10. Menganalisi kegunaan balon udara

1.     Teks yang didalamnya berisi penjelasan atau proses-proses bagaimana atau mengapa suatu kejadian atau lingkungan sekitar terjadi dinamakan teks  …
2.     Energy panas adalah sebuah energy yang menghasilkan panas.Dengan berbagai sumber energy panas di dunia akan membuat kegiatan m,anusia semakin mudah. Kata kunci paragraph di atas adalah  …
3.     Bergasarkan paragraph di atas, yang dimaksud dengan energy panas adalah  …
Sumber energy panas terbesar di bumi adalah matahari. Panas matahari berpindah ke bumi sehingga permukaan bumi menjadi hangat.Akan tetapi perpindahan panas tersebut tidak membuat matahari menjadi dingin, karena matahari merupakan sumber energy panas yang sangat besar dan tidak akan habis. Matahari menjadi satu-satunya sumber panas terbesar di bumi. Panas matahari sangat bermanfaat
4.     Kata kunci paragraph di atas adalah  ….
5.     Yang menbuat permukaan bumi menjadi hangat adalah  …
6.     Perpindahan panas matahari ke bumi tidak membuat matahari menjadi dingin karena  …
7.     Kata atau ungkapan yang mewakili konsep atau gagasan yang menandai suatu yang penting di sebut  …
8.     Untuk menentukan kesimpulan yang perlu dilakukan adalah dengan membaca teks secara  …
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar ataupun melihat balon yang sangat besar dan balon tersebut sering disebut balon udara. Balon udara merupakan alat Transportasi yang sangat diandalkan sebelum ditemukan pesawat terbang. Balon udara dapat digunakan untuk menjelajahi tempat-tempat yang baik.
9.     Pokok pikiran dari paragraph di atas adalah  …
10.  Berdasarkan sepenggal bacaan di atas, kegunnnan balon udara adalah untuk  …
1.     Eksplanasi
2.     Energy panas, sumber energy
3.     Sebuah energy yang menghasilkan panas
4.     Panas matahari
5.     Penas matahari berpindah ke bumi
6.     Matahari merupakan sumber energy panas yang sangat besar dan tidak akan habis
7.     Kata kunci
8.     Teliti cermat
9.     Balon udara merupakan alat Transportasi yang sangat diandalkan sebelum ditemukan pesawat terbang
10.  Menjelajahn tempat-tempat yang jauh
35 menggali informasi penting dari teks sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek apa,dimana,kapan,siapamengapa dan bagaimana
Kata Tanya

Kalimat Tanya

Menggali informasi dari bacaan
11. Menentukan kata Tanya yang tepat untuk menanyakan hal,kegiatan dan persoalan
12. Menentukan kata Tanya yang tepat untuk menanyakan tempat terjadinya peristiwa
13. Menjelaskan jenis tanaman yang harus ditanam oleh rakyat pribumi
14. Menjelaskan tujuan pengiriman hasil perkebunan dari sitem tanam paksa
15. Mengungkapkan pihak yang diuntungkan dalam kegiatan tanam paksa
16. Menentukan kata Tanya yang tepat dari jawaban yang ada
17. Menetukan kalimat pertanyaan berdasarkan jawaban yang ada
18. Menggali kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tanya
19. Membuat kalimat pertanyaan berdasarkan jawaban yang tersedia
20. Menggali kata tanya yang sesuai untuk melengkapi kalimat tanya yang ada
11.  Untuk menanyakan hal, kegiatan, peristiwa dan persoalan, juga untuk menanyakan benda digunakan kata Tanya  …
12.  Untuk mennyakan tempat terjadinya peristiwa digunakan kata Tanya  …
Tanam Paksa
            Tahun 1830, cultuurstelsel atau system tanam paksa mulai diterapkan.Dalam system ini, para rakyat pribumi dipaksa menanam hasil-hasil perkebunan yang menjadi permintaan pasar dunia, seperti teh, kopi dan lain-lai. Hasil perkebunan itu, kemudian di ekspor ke berbagai negara.
            Sistem tanam paksa ini membawa kekayaan yang besar kepada pelaksananya, baik pihak Belanda maupun orang Indonesia yang menjadi pemilik tanah. Keuntungan yang diperoleh pihak pelaksana sebagai berikut :
1.  Pihak Belanda mendapat keuntungan yang besar dari tanam paksa yang digunakan unntuk menjalankan pemerintah Hindia Belanda dan digunakan untuk membangun negeri Belanda.
2.  Badan usaha dagang Belanda memperoleh keuntungan yang besar setelah mendapat hak monopoli pengangkutan hasil tanam paksa.
13.  Dalam system tanam paksa, Belanda memaksa rakyat untuk menanam  …
14.  Hasil perkebunan dari system tanam paksa dikirim ke  …
15.  Pihak yang diuntungkan dalam kegiatan tanam paksa adalah …
16.  Peristiwa itu tetjadi pada hari senin . Kata Tanya yang tepat untuk jawaban kalimat di atas adalah …
17.  Kongres Pemuda III berlangsung di Bnadung. Kalimat pertanyaan berdasarkan jawaban di atasa adalah  …
18.   …..   tokoh yang menjahit bendera Merah Putih ? kata Tanya yang btepat untuk kalimat Tanya di atas adalah  …
19.  Pada jaman penjajah Belanda, rakyat Indonesia hidupnya sangat menderita. Kalimat pertanyaan untuk jawaban di atas adalah  …
20.    ….  Kehidupan Muhammad Hatta dalam pergerakan nasional Indonesia ? Kata Tanya yang sesuai untuk kalimat di atas adalah  …
11.  Apa
12.  Dimana
13.  Hasil-hasil perkebunan yang menjadi permintaan pasar dunia seperti the, kopi, dan lain-lain
14.  Berbagai negara
15.  Pihak Belanda dan orang Indonesia yang menjdi pemilik tanah
16.  Kapan
17.  Dimana kongres perempuan III berlangsung
18.  Siapa
19.  Bagaimana hidup rakyat Indonesia pada zaman penjajahan Belanda
20.  Bagaimana






3.9 mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas dan lain-lain)
Surat undangan

Jenis surat undangan


Bagian surat


21. Menyimpulkan jenis surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesedian sesorang untuk menghadiiri suatu acara
22. Merincikan tiga jenis surat undangan
23. Merinci bagian surat yang bertuliskan dengan hormat
24. Merinci bagian surat yang tertulis, Bandung , 10 September 2018
25. Menetukan jenis surat undangan, missal undangan ulang tahundan undangan perayaan kkelahiran
21.     Surat yang berisi pemberitahuan dan permitaan kesedian seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan disebut  …
22.  Surat undangan dibedakan menjadi 3 jenis yaitu  …
23.  Dengan hormat,   Kalimat di atas merupakan   …  surat.
24.  Bandung, 10 September 2018.  Kutipan tersebut merupakan bagian   …   surat.
25.  Undangan ulang tahun dan undangan perayaan kelahiran adalah contoh surat undangan  …
21. Surat undangan
22.  Undangan resmi, undangan setengah resmi, undangan tidak resmi
23.  Salam pembuka surat
24.  Tempat dan tanggal surat
25.  Tidak resmi




Mengetahui
Kepala Sekolah



INSIATI, S.Pd
Nip. 19601218 198111 2 001

Curup,      Maret  2020
Wali Kelas V



ASNATI, S.Pd
NIP. 19670206 198903 2 004




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Langkah Baru

  Langkah Baru Harapan Baru Karya. Asnati Setelah sunyi langkah terhenti  Terkurung dalam diam sepi  Kini ku melangkah, hati berseri  Kembal...