KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER
2 KELAS V
Jenis Sekolah
Muatan Pelajaran
Kelas / Semester
|
:
: : |
SD Negeri 17 Rejang Lebong
PKn
V / II
|
|
Kurikulum
Jumlah
Soal
|
:
:
|
2013
25
soal
|
|
Tahun
Pelajaran
Waktu
Penulis
|
:
:
:
|
2019/
2020
60 Menit
ASNATI,S.Pd.,
M.TPd
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi pokok
|
Indikator
Soal
|
No Soal
|
Bentuk Soal
|
Rumusaan
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
3.2
memeahami hak dan kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari
|
Haka
dan kewajiban
Tanggung
jawab
|
- Memahami
pengertian hak
- Mengemukanan
nam hak anak unntuk menyatkan pendapat menurut konvensi hak anak
- Mencontohkan
hak seorang peserta didik / pelajar
- Menjelaskan
tanggal disahkannya konvensi hak anak-anak oleh PBB
- Merinci dua
dari empat hak anak dalam konvensi hak-hak anak
- Memahami
nama kelompok hak anak untuk mendapatkan perlindungan dari
diskriminasi,eksploitasi,kekerasan
- Memahami
arti kewajiban
- Memahami
cara melaksanakan antara hak dan kewajiban
- Memahai
contoh hak dan kewajiban
- Menentukan pasal
dari UUD 1945 yang berbunyi stiap waarga negara untuk memilih,memeluk dan
menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing
- Memeahami
istilah yang tepat untuk arti dari keadaan wajib menanggung segala sesuatunya
- Menentukan
sila yang tepat untuk contoh sikap mau menghargai perbedaan suku,ras dan
Bahasa
- Memahami
sikap yang benar sebagai anggota masyarakat dalam melaksnakan kewajiban
- Memahami
contoh tanggung jawab siswa di sekolah
- Mengemukakan
komponen yang terlibat dalam melaksanakan aturan di sekolah
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
|
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
|
1.
Setiap manusia memilki hak-hak uang dilindungi
olah undang-undang, yang dimaksud dengan hak adalah …
2.
PBB mengesahkan konvensi hak-hak anak untuk
memberikan perkindungan terhadap anak. Hak anak dikelompokan menjadi 4. Hak
untuk menyatakan pendapatdalam sebgala hal yang mempengaruhi anak
disebut hak ,,,
3.
Setiap peserta didik pada stuan pendidikan mempunyai
beberapa haka. Contoh hak seorang peserta didik /pelajar misalnya …
4.
Konvensi hak-hak anak yang bertujuan untuk
memberikan perlindungan terhadap anak disahkan oleh PBBpada tanggal …
5.
Empat haka nanak dalam konvensi hak-hak anak dua
diantaranya adalah …
6.
Setiap anak berhak mendapatkan perlindungan dari
diskriminasi ,eksploitasi,kekerasan dan ketelantaran. Pernyataan tersebut
sesuai dengan Konvensi Hak-hak anak, yaitu
…
7.
Selain hak, manusia juga memilki kewajiban. Yang
dimaksud kewajiban adalah …
8.
Siswa di sekolah tidak dapat terlepas dari
kewajiban. Kewajiban tersebut harus dilaksanakan agar mendapatkan hak. Hak
dan kewajiban harus dilaksanakan secara
…
9.
Rambut harus rapi,tidak dicat dan tidak
mengganggu suasana belajar(untuk siswa putra rambut tidak melebihi keraah
kemeja,alis mata dan telinga) Perntaan ini adalah contoh …
di sekolah
10. Setiap warga
negara bebas untuk memilih,memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan
masing-masing merupakan yang tercantum dalam UUD 1945 pasal …
11. Keadaan
wajib menanggung sesuatunya adalah arti dari…
12. Menghargai
perbedaaan suku,ras dan Bahasa adalah bentuk tanggungjawab warga negara
sesuai dengan pengamalan Pancasila, sila ke
…
13. Kewajiban
anggota masyarakat harus dilaksnakan dengan penuh …
14. Siswa juga
memilki tanggungg jawab dalam melaksanakan tugas, hak dan kewajibannya.
Contoh tanggungjawab siswa di sekolah antara lain …
15. Melaksanakan
aturan di sekolah termasuk tanggungjawab dari
…
|
1.
Sesuatu yang patut atau layak diterima
2.
Berpartisipasi
3.
Memperoleh nilai
4.
20 November 1989
5.
Haka kelangsungan hidup
Hak
perlindungan
Hak
tumbuh kembang
Hak
berpartisipasi\
6.
Hak perlindungan
7.
Sesuatu yang dilakukan dengan tanggung jawab
8.
Seimbang
9.
Kewajiban siswa
10.
29
11.
Tanggung jawab
12.
3 (Tiga)
13.
Tanggung jawab
14.
Mentaati tat tertib disekolah
Melaksanakan
piket
Menjaga
nama baik sekolah
15.
Semua warga sekolah
|
3.3
menelaah keberagaman social budaya masyarakat
|
Keberagman
suku bangsa
Pengaruh
kebudayaan asing
Kongres
pemida I
Sumpah
Pemuda
Kelompok
ras
Toleransi
|
- Memehami
tujuan negara Indonesia mengembangkan kebudayaan daerah
- Menganalisis
suku bangsa yang berada di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
- Menelaah
bangsa-bangsa asing yang pernah dating ke Indonesia dan mempengeruhi
kebudayaan Indonesia
- Mengungkapkan
tanggal dileselnggarakannya kongres pemuda I
- Mengungkapkan
tanggal diikrarkannya Sumpah Pemuda
- Mengungkapkan
bunyi Ikrar Sumpah Pemuda yang ke dua
- Menganalisis
nama daerah yang memiliki kelompok ras Papu Melannesoid
- Memehami
pihak yang bertanggung jawab dalam mengembangkan dan melestarikan kebudayaan
- Menetukan
sikap tyang tepat terhadap teman yang akan beribadah menurut agamanya
- Mengemukakan
nama peristiwa sejarah pada saat lagu Indonesia Raya dinyayikan untuk pertama
kalinya
|
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
|
|
16. Negra
Indonesia mengembangkan kebudayaan daerah dalam rangka memperkaya
kebudayaan ….
17. Masyarakat
Indonesia yang majemuk terdiri dari beberapa suku bangsa. Setiap suku bangsa
memilki Bahasa dan adat istiadat serta budaya yang berbeda. Contoh suku yang
berada di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
adalah …
18. Pengaruh
bangsa asing yang dating ke Indonesia banyak mempengaruhi kebudayaan
Indonesia. Bangsa-bangsa asing itu berasal dari …
19. Organisasi
pemuda dan pelajar mendambakan munculnya persatuan nasional dikalangan pemuda
untuk mewujudkan hal tersebut di Jakarta diselenggarakan kongres pemuda I,
yaitu pada tanggal …
20. Adanya
peristiwa Sumpah Pemuda menunjukan adanya rasa persatuan dan kesatuan
diantara para pemuda yang berbeda ras,suku, golongan dan agama. Sumpah Pemuda
diikrarkan pada tanggal …
21. Benyi ikrar
Sumpah Pemuda yang ke dua adalah …
22. Masyarakat
Indonesia berdasarkan ciri fisiknya dibedakan menjadi kelompok ras, Kelompok
ras Papua Melanesoid terdapat di …
23. Yang
bertanggungjawab mengembangkan dan melestarikan kebudayaan adalah …
24. Sikap kita ketika
melihat teman yang akan beribadah menurut agamanya adalah
…
25. Lagu
Indonesia Raya untuk pertama kali dinyayikan pada peristiwa …
|
16. Nasional
17. Sku
Aceh,Gayo,Alas Tamiang,Sigulai,kluet dan Singkil
18. India,Cina,
Arab,Bangsa Eropa
19. 30 April – 2
Mei 1926
20. 28
Oktober 1928
21. Kami putra
dan Putri Indonesia berbangsa yang satu bangsa Indonesia
22. Papua,Pulau
Aru,Pulai Kai
23. Seluruh
bangsa Indonesi
24. Menghormatinya
karena beragama adalah hak pribadi setiap orang
25. Sumpah
Pemuda 28-10-1928
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
INSIATI, S.Pd
Nip.
19601218 198111 2 001
|
|
Curup, Maret
2020
Wali Kelas I
ASNATI, S.Pd., M.TPd
NIP. 19670206 198903 2 004
|
Jenis Sekolah
Muatan Pelajaran
Kelas / Semester
|
:
: : |
SD Negeri 17 Rejang Lebong
Bahasa
Indonesia
V / II
|
|
Kurikulum
Jumlah
Soal
Bentuk
Soal
|
:
:
:
|
2013
25
soal
Isian
|
|
Tahun
Pelajaran
Waktu
Penulis
|
:
:
:
|
2019/
2020
60 Menit
ASNATI,S.Pd.,
M.TPd
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi pokok
|
Indikator
Soal
|
Rumusaan
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
3.3bmeringkas
teks penjelsan (eksplanasi) dari media cetak atau eletronik
|
Tels
eksplanasi
Kata
kunci
|
1. Menentukan
nama teks yang berisi penjelsan bagaimana dan mengapa sutu kejadian terjadi
2. Menyimpulkan
kata kunci dari paragraph yang ada
3. Menerangkan
pengertian dari energy panas
4. Menganalisis
kata kunci dari paragraph yang disajikan
5. Menganalisis
factor yang menyebabkan bumi menjadi hangat
6. Menjelaskan
sbab dari prpindahan panas matahari ke bumi tidak membuat matahari menjadi
dingin
7. Menyimpulkan
dari kata atau ungkapan yang mewakili gagasan yang penting
8. Memahami
cara menentukan kesimpulan
9. Menganalisi
pokok pikiran yang terdapat
10. Menganalisi
kegunaan balon udara
|
1.
Teks yang didalamnya berisi penjelasan atau
proses-proses bagaimana atau mengapa suatu kejadian atau lingkungan sekitar
terjadi dinamakan teks …
2.
Energy panas adalah sebuah energy yang
menghasilkan panas.Dengan berbagai sumber energy panas di dunia akan membuat
kegiatan m,anusia semakin mudah. Kata kunci paragraph di atas adalah …
3.
Bergasarkan paragraph di atas, yang dimaksud
dengan energy panas adalah …
Sumber energy panas terbesar di bumi
adalah matahari. Panas matahari berpindah ke bumi sehingga permukaan bumi
menjadi hangat.Akan tetapi perpindahan panas tersebut tidak membuat matahari
menjadi dingin, karena matahari merupakan sumber energy panas yang sangat
besar dan tidak akan habis. Matahari menjadi satu-satunya sumber panas
terbesar di bumi. Panas matahari sangat bermanfaat
4.
Kata kunci paragraph di atas adalah ….
5.
Yang menbuat permukaan bumi menjadi hangat
adalah …
6.
Perpindahan panas matahari ke bumi tidak membuat
matahari menjadi dingin karena …
7.
Kata atau ungkapan yang mewakili konsep atau
gagasan yang menandai suatu yang penting di sebut …
8.
Untuk menentukan kesimpulan yang perlu dilakukan
adalah dengan membaca teks secara …
Dalam kehidupan sehari-hari kita
sering mendengar ataupun melihat balon yang sangat besar dan balon tersebut
sering disebut balon udara. Balon udara merupakan alat Transportasi yang
sangat diandalkan sebelum ditemukan pesawat terbang. Balon udara dapat
digunakan untuk menjelajahi tempat-tempat yang baik.
9.
Pokok pikiran dari paragraph di atas adalah …
10. Berdasarkan
sepenggal bacaan di atas, kegunnnan balon udara adalah untuk …
|
1.
Eksplanasi
2.
Energy panas, sumber energy
3.
Sebuah energy yang menghasilkan panas
4.
Panas matahari
5.
Penas matahari berpindah ke bumi
6.
Matahari merupakan sumber energy panas yang sangat
besar dan tidak akan habis
7.
Kata kunci
8.
Teliti cermat
9.
Balon udara merupakan alat Transportasi yang
sangat diandalkan sebelum ditemukan pesawat terbang
10. Menjelajahn
tempat-tempat yang jauh
|
35
menggali informasi penting dari teks sejarah yang disajikan secara lisan dan
tulis menggunakan aspek apa,dimana,kapan,siapamengapa dan bagaimana
|
Kata
Tanya
Kalimat
Tanya
Menggali
informasi dari bacaan
|
11. Menentukan
kata Tanya yang tepat untuk menanyakan hal,kegiatan dan persoalan
12. Menentukan
kata Tanya yang tepat untuk menanyakan tempat terjadinya peristiwa
13. Menjelaskan
jenis tanaman yang harus ditanam oleh rakyat pribumi
14. Menjelaskan
tujuan pengiriman hasil perkebunan dari sitem tanam paksa
15. Mengungkapkan
pihak yang diuntungkan dalam kegiatan tanam paksa
16. Menentukan
kata Tanya yang tepat dari jawaban yang ada
17. Menetukan
kalimat pertanyaan berdasarkan jawaban yang ada
18. Menggali
kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tanya
19. Membuat
kalimat pertanyaan berdasarkan jawaban yang tersedia
20. Menggali
kata tanya yang sesuai untuk melengkapi kalimat tanya yang ada
|
11. Untuk
menanyakan hal, kegiatan, peristiwa dan persoalan, juga untuk menanyakan
benda digunakan kata Tanya …
12. Untuk
mennyakan tempat terjadinya peristiwa digunakan kata Tanya …
Tanam Paksa
Tahun 1830, cultuurstelsel atau
system tanam paksa mulai diterapkan.Dalam system ini, para rakyat pribumi
dipaksa menanam hasil-hasil perkebunan yang menjadi permintaan pasar dunia,
seperti teh, kopi dan lain-lai. Hasil perkebunan itu, kemudian di ekspor ke
berbagai negara.
Sistem tanam paksa ini membawa
kekayaan yang besar kepada pelaksananya, baik pihak Belanda maupun orang
Indonesia yang menjadi pemilik tanah. Keuntungan yang diperoleh pihak
pelaksana sebagai berikut :
1. Pihak
Belanda mendapat keuntungan yang besar dari tanam paksa yang digunakan unntuk
menjalankan pemerintah Hindia Belanda dan digunakan untuk membangun negeri
Belanda.
2. Badan usaha
dagang Belanda memperoleh keuntungan yang besar setelah mendapat hak monopoli
pengangkutan hasil tanam paksa.
13. Dalam system
tanam paksa, Belanda memaksa rakyat untuk menanam …
14. Hasil
perkebunan dari system tanam paksa dikirim ke
…
15. Pihak yang
diuntungkan dalam kegiatan tanam paksa adalah …
16. Peristiwa
itu tetjadi pada hari senin . Kata Tanya yang tepat untuk jawaban kalimat di
atas adalah …
17. Kongres
Pemuda III berlangsung di Bnadung. Kalimat pertanyaan berdasarkan jawaban di
atasa adalah …
18. …..
tokoh yang menjahit bendera Merah Putih ? kata Tanya yang btepat untuk
kalimat Tanya di atas adalah …
19. Pada jaman
penjajah Belanda, rakyat Indonesia hidupnya sangat menderita. Kalimat
pertanyaan untuk jawaban di atas adalah
…
20. ….
Kehidupan Muhammad Hatta dalam pergerakan nasional Indonesia ? Kata
Tanya yang sesuai untuk kalimat di atas adalah …
|
11. Apa
12. Dimana
13. Hasil-hasil
perkebunan yang menjadi permintaan pasar dunia seperti the, kopi, dan
lain-lain
14. Berbagai
negara
15. Pihak
Belanda dan orang Indonesia yang menjdi pemilik tanah
16. Kapan
17. Dimana
kongres perempuan III berlangsung
18. Siapa
19. Bagaimana
hidup rakyat Indonesia pada zaman penjajahan Belanda
20. Bagaimana
|
3.9
mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang
tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas dan lain-lain)
|
Surat
undangan
Jenis
surat undangan
Bagian
surat
|
21. Menyimpulkan
jenis surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesedian sesorang untuk
menghadiiri suatu acara
22. Merincikan
tiga jenis surat undangan
23. Merinci
bagian surat yang bertuliskan dengan hormat
24. Merinci
bagian surat yang tertulis, Bandung , 10 September 2018
25. Menetukan
jenis surat undangan, missal undangan ulang tahundan undangan perayaan
kkelahiran
|
21.
Surat yang berisi pemberitahuan dan permitaan
kesedian seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan disebut …
22. Surat
undangan dibedakan menjadi 3 jenis yaitu
…
23. Dengan
hormat, Kalimat di atas
merupakan … surat.
24. Bandung, 10
September 2018. Kutipan tersebut
merupakan bagian … surat.
25. Undangan
ulang tahun dan undangan perayaan kelahiran adalah contoh surat undangan …
|
21. Surat
undangan
22. Undangan
resmi, undangan setengah resmi, undangan tidak resmi
23. Salam
pembuka surat
24. Tempat dan
tanggal surat
25. Tidak resmi
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
INSIATI, S.Pd
Nip.
19601218 198111 2 001
|
|
Curup, Maret
2020
Wali Kelas V
ASNATI, S.Pd
NIP. 19670206 198903 2 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar