Pengikut

Kamis, 25 Februari 2021

Rabu 24.2.2021

 [24/2 18.59] MR BAMS: Temans semua, atas ijin Omjay saya tutup dulu ya grupnya

[24/2 19.01] Bu Theresia Penulis: Assalamualaiku warahmatullahi wabaraktuh

Salam sejahtera untuk kita semua

Salam Literasi

[24/2 19.02] Bu Theresia Penulis: Senang dan bahagia kita  semua bisa dalam keadaan sehat.

[24/2 19.02] Bu Theresia Penulis: Berkumpul bersama di kelas yang luar biasana ini.

[24/2 19.02] Bu Theresia Penulis: Atas seijin Omjay, ijinkan saya Mr. Bams memulai kuliah malam ini.

[24/2 19.03] Bu Theresia Penulis: Sebelum menyapa pemateri malam ini, ijinkan menyampaikan beberapa hal untuk peserta.

[24/2 19.04] Bu Theresia Penulis: Silahkan kirimkan pertanyaan ke no 

088809405468

Tulis nama dan asal

Pertanyaan dan identitas hanya 1 chat.

[24/2 19.05] Om Jay Guru Bloger: Kiat belajar lewat wa group malam ini. Jadi ibu tinggal baca wa saja

[24/2 19.06] Bu Theresia Penulis: Malam ini kita akan belajar bersama :


Bapak Khamdan Muhaimin, S.Pd, Gr

[24/2 19.06] Bu Theresia Penulis: Pak Khamdam sehat pak ?

[24/2 19.06] Bu Theresia Penulis: Saya sapa dulu

[24/2 19.06] Bu Theresia Penulis: Alhamdulillah pak bams, sehatπŸ™πŸ»

[24/2 19.06] Bu Theresia Penulis: Alhamdulillah, ijinkan saya sampaikan biodata terlebih dahulu

[24/2 19.07] Bu Theresia Penulis: Silahkan para peserta bisa membacanya.

[24/2 19.07] Bu Theresia Penulis: Saya persilahkan kepada Pak Khamdam untuk memberikan materinya, dengan


Tema menjadi guru berprestasi dan berdedikasi di daerah 3T


πŸ™πŸ˜Š

[24/2 19.07] Bu Theresia Penulis: Waktunya sampai pukul 20.00 WIB / 21.00 WITA

[24/2 19.08] Bu Theresia Penulis: Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, selamat malam, salam sejahtera untuk kita semua.  Bapak/Ibu guru hebat yang saya hormati, Pak Bams selaku moderator dan om jay yang saya hormati , semoga malam ini semua dalam keadaan sehat wal afiat. aamiin.

[24/2 19.08] Bu Theresia Penulis: Terimakasih moderator pak bams...

[24/2 19.10] Bu Theresia Penulis: Perkenalkan nama saya Khamdan Muhaimin, S.Pd, Gr. Saya Bertugas di SMPN 5 Sambi Rampas Kab. Manggarai Timur, Provinsi NTT. Kelahiran saya di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

[24/2 19.13] Bu Theresia Penulis: Sebelum menjadi guru di NTT saya pernah menjadi guru honorer di SMK Muhammadiyah Weleri Kendal dan SMKN 1 Mandiraja Banjarnegara Jawa Tengah.

[24/2 19.13] Bu Theresia Penulis: Bapak/Ibu guru hebat yang saya hormati Malam ini saya akan berbagi pengalaman selama bertugas di daerah terpencil dengan tema menjadi guru berprestasi dan berdedikasi di daerah 3T (Terdepan, terluar dan tertinggal)

[24/2 19.14] Bu Theresia Penulis: mohon bersabar ya Bapak/Ibu sinyal disini kurang bagus karena cuaca jadi terkrim agak lama

[24/2 19.14] Bu Theresia Penulis: Bapak/Ibu yang saya hormati, Setelah itu saya mengabdi di daerah 3t (terdepan, terluar dan tertinggal) dari tahun 2015 sampai sekarang kurang lebih selama 6 Tahun. Tentu bapak/ibu sudah bisa membayangkan kondisi daerah terpencil. Saya bercerita sedikit tentang kondisi di tempat saya. Di tempat saya tugas tidak ada Listrik, sinyal susah, air susah, jalan rusak mendaki menurun sedangkan mata pencaharian orang tua berkebun/petani kopi yang hasil panenya satu tahun satu kali, di tempat saya mengabdi kehidupan orang tua siswa adalah golongan ekonomi menengah ke bawah. Desa kami terdiri dari 7 kampung yang lokasinya berjauhan perkampung.

[24/2 19.16] Bu Theresia Penulis: Menuju ibu kota kab. membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam. Jadi kalo mau makan bakso, mie ayam,sate dkk nya ya ke kota dulu heheh… tapi semua itu saya nikmati karena dengan menikmati dan mensyukuri proses kehidupan ini semua terasa ringan..

[24/2 19.17] Bu Theresia Penulis: Terus bagaimana bertahan di sana pak?  saya dan warga di sana tidak pernah atau jarang sekali membeli sayur ke kota karena kita menanam sendiri untuk dimakan sehari-hari, kalo beli tidak mungkin karena ke pasar saja jauh sekali. Kita tanam labu, daun singkong, kubis, buncis, daun pepaya. Tetapi makanan favorit adalah daun singkong, labu beserta daunya karena tumbuh setiap saat (tidak mengenal musim) sedangkan kubis menunggu musim kemarau. Untuk lauk kita biasanya dengan telur,mie instan, ikan asin, ikan basah kalo musim ikan dan ayam pedaging .

[24/2 19.19] Bu Theresia Penulis: Bapak/Ibu yang saya hormati adat di daerah 3t sangat kuat, berbagai acara adat masih ada misalkan di daerah kami adalah 

1. Irong, tidak boleh berteriak, menyalakan api, ribut, selama 1-2 hari, tujuanya adalah supaya hasil panen melimpah.

2. Acara mbaru dor, adalah masuk rumah baru mereka menggunakan berbagai acara adat.

3. Kepok tuak adalah adat menyambut kedatangan tamu dengan berbicara adat menggunakan tuak, rokok dan ayam kampung. Ungkapan ketulusan orang disini menerima tamu dan kegembiraan menyambut tamu baru.

4. Makan padi baru, acara pesta sekolah dll.

[24/2 19.21] Bu Theresia Penulis: Dari sinilah saya mulai menulis tepatnya tahun 2016. Menulis tentang berbagai  tantangan dan solusi menjadi pendidik di daerah 3t. Pertama kali menulis langsung membawakan saya menjadi finalis (10) besar kegiatan Simposium GTK 2016 di Jakarta yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI.

[24/2 19.22] Bu Theresia Penulis: Saya menulis karena saya ingin   Pendidikan di daerah khusus atau daerah terpencil yang masih serba kekurangan dari berbagai akses dapat diperhatikan oleh pemerintah. Dan saya berharap dengan menulis tentang perjalanan di daerah 3t dapat memotivasi para guru-guru yang berjuang di garis depan daerah terpencil supaya para pendidik semangat  berinovasi dan  menginspirasi di walaupun di daerah terpencil.

[24/2 19.23] Bu Theresia Penulis: Saya belajar menulis dari masalah, dengan menemukan persoalan/masalah di daerah 3t saya rangkum/tulis. Tidak hanya menulis masalah saja akan tetapi juga memberikan solusi melalui tulisan maupun Tindakan.

[24/2 19.24] Bu Theresia Penulis: Motto : “Sebaik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain”

[24/2 19.25] Bu Theresia Penulis: _bagi yang mau bertanya bisa mulai kirim ke 088809405468_

[24/2 19.28] Bu Theresia Penulis: Silahkan dilanjut kembali pak. πŸ˜ŠπŸ™

[24/2 19.28] Bu Theresia Penulis: siap pak

[24/2 19.28] Bu Theresia Penulis: Di daerah 3t saya mendirikan rumah belajar, rumah belajar berdiri tahun 2016 sampai sekarang.  Anak-anak setelah pulang sekolah makan istirahat sebentar kemudian ke kebun untuk ambil kayu bakar dan sayur kemudian pulang makan malam dan tidur karena kelelahan sehingga tidak sempat belajar. Melihat kondisi itu maka saya mendirikan rumah belajar supaya anak semangat belajar dengan menyajikan kegiatan les matematika, membaca buku, menggambar, mewarnai, bulu tangkis , bola voli, puzzle dll. Sedangkan malamnya pukul 19.30 wita anak-anak juga dapat belajar mengoperasikan laptop dan akses internet gratis di rumah belajar. Dan yang membuat saya senang, rumah belajar pernah mendapatkan kiriman buku dari mba Najwa Shihab sebagai duta baca Indonesia. Dan mengunggah kegiatan rumah belajar saya ke instagramnya.

[24/2 19.33] Bu Theresia Penulis: Selain itu saya juga menjadi relawan di daerah 3t dengan membuat proposal bantuan ke berbagi instansi bagi negeri maupun swasta. Yayasan, kampus, komunitas, media online, perpustaakan daerah, nasional, kita menjalin kerja sama dengan mereka. Kemudian setelah mendapatkan apa yang di dapat saya mewakili donator membagikannya seperti membagikan flashdisk vidio pembelajaran program kirim budi ke sekolah SD, SMP dan SMA, membagikan seragam sekolah, buku bacaan, alat tulis ke sekolah SD, SMP dan SMA di tempat saya mengabdi, membagikan mukena, alquran, iqro, buku, karpet masjid ke umat muslim minoritas di masjid fatahillah. Saya mewakili donator dari jawa juga membuat dua sumber mata air dan 4 bak penampung air untuk warga sekitar yang kekurangan air di daerah 3T.

[24/2 19.42] Bu Theresia Penulis: Di sekolah saya yang merupakan daerah 3T sinyal susah kadang blank sinyal 3 hari, coba bayangkan 3 hari tanpa HP,oleh karena itu saya menginisiasi sekolah berbasis digital seperti : Computer Based Tes offline dan pemilihan ketua Osis  offline merupakan pertama kali dilaksanakan di sekolah kami dan pertama kali juga di kab. Manggarai Timur, cara kerja ini digital akan tetapi tanpa menggunakan sinyal dan kartu perdana, selain itu kami juga membuat kelompok belajar mini di setiap kampung.

[24/2 19.42] Bu Theresia Penulis: Bapak/Ibu yang saya hormati, Prestasi terakhir kemarin di nobatkan menjadi Guru SMP Inspiratif Tingkat Nasional 2020 yang diselenggarakkan oleh Dirjen GTK Kemdikbud di Hotel Serpong, Tangsel. Semoga berikutnya Bapak/Ibu hebat akan mendapatkan apresiasi ini. aamiin

[24/2 19.43] Bu Theresia Penulis: Disini pasti banyak guru-guru hebat yang terus berjuang demi kemajuan Pendidikan, terus berkarya. Salam dari NTT. Terimakasih. Wassalamualaikum Warahmatulllahi Wabarokatuh

[24/2 19.43] Bu Theresia Penulis: mohon maaf Bapak/Ibu sinyal kurang bagus, sekali lagi mohon maaf, saya kembalikan ke pak bams

[24/2 19.43] Bu Theresia Penulis: Disini pasti banyak guru-guru hebat yang terus berjuang demi kemajuan Pendidikan, terus berkarya. Salam dari NTT. Terimakasih. Wassalamualaikum Warahmatulllahi Wabarokatuh

[24/2 19.43] Bu Theresia Penulis: Luar biasa

[24/2 19.43] Bu Theresia Penulis: Bikin terharu, perjuangan tiada tara

[24/2 19.45] Bu Theresia Penulis: Setiap jawaban mohon ditandai huruf *N* sebagai tanda untuk pertanyaan berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenangan di Yogyakarta

  Jogya 14 Juli 2022 Salam literas @asnati