SOAL
PENILAIAN
HARIAN
KELAS 5
TEMA 3 SUBTEMA 1
Soal
Pilihan Ganda
1. |
Sebatang lidi akan mudah
dipatahkan, sedangkan segenggam lidi akan sulit dipatahkan. |
|
|
|
a. |
sebatang lidi |
|
|
b. |
segenggam lidi |
|
|
c. |
persatuan |
|
|
d. |
keragaman |
|
2. |
Cara memainkan alat
musik daerah di Indonesia ada beragam. Kecapi dimainkan dengan cara .... |
|
|
|
a. |
digesek |
|
|
b. |
dipetik |
|
|
c. |
dipukul |
|
|
d. |
ditiup |
|
|
|||
3. |
Indonesia memiliki alat
musik daerah yang beragam. Kecapi merupakan alat musik daerah dari .... |
|
|
|
a. |
Jawa Barat |
|
|
b. |
Nusa Tenggara Timur |
|
|
c. |
Sulawesi Utara |
|
|
d. |
Sumatera Barat |
|
4. |
Gambar iklan harus
dibuat menarik dan sesuai dengan .... |
|
|
|
a. |
isi iklan |
|
|
b. |
pembuat iklan |
|
|
c. |
kata kunci |
|
|
d. |
sasaran iklan |
|
|
|||
5. |
Rencana yang akan
dilakukan untuk membuat iklan yang berisi hal-hal penting yang terdapat pada
iklan disebut .... |
|
|
|
a. |
layout |
|
|
b. |
rancangan iklan |
|
|
c. |
storyboard |
|
|
d. |
kata kunci |
|
6. |
Berdasarkan sifatnya,
iklan program wajib belajar termasuk jenis iklan .... |
|
|
|
a. |
niaga |
|
|
b. |
pengumuman |
|
|
c. |
nonniaga |
|
|
d. |
media cetak |
|
7. |
Makanan yang mengandung
protein antara lain .... |
|
|
|
a. |
jagung dan nasi |
|
|
b. |
daging dan ketela |
|
|
c. |
daging dan tempe |
|
|
d. |
minyak ikan dan susu |
|
8. |
Perhatikan gambar
berikut! |
|
|
|
a. |
1 |
|
|
b. |
2 |
|
|
c. |
3 |
|
|
d. |
4 |
|
|
|||
9. |
Perhatikan gambar berikut!
|
|
|
|
a. |
4 |
|
|
b. |
3 |
|
|
c. |
2 |
|
|
d. |
1 |
|
10. |
Berikut ini adalah
contoh interaksi sosial, kecuali .... |
|
|
|
a. |
Andi dan Siti berdiskusi
kelompok |
|
|
b. |
Ayu menyapa tetangganya
saat lewat |
|
|
c. |
Ana sedang membaca buku
di kamar |
|
|
d. |
Ibu guru sedang mengajar
di kelas |
|
11. |
Berikut ini yang
termasuk interaksi sosial adalah .... |
|
|
|
a. |
nelayan berlayar dengan
menyesuaikan keadaan cuaca |
|
|
b. |
manusia hidup dekat
dengan sumber makanan |
|
|
c. |
berpamitan dengan ayah
dan ibu |
|
|
d. |
petani membajak sawah |
|
12. |
Hubungan-hubungan sosial
yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan
kelompok dengan kelompok disebut dengan .... |
|
|
|
a. |
komunikasi |
|
|
b. |
interaksi |
|
|
c. |
interaksi sosial |
|
|
d. |
interaksi primer |
|
13. |
Lagu bertangga nada
mayor biasanya dinyanyikan dengan .... |
|
|
|
a. |
bersemangat |
|
|
b. |
kurang bersemangat |
|
|
c. |
sedih |
|
|
d. |
terharu |
|
14. |
Berikut tidak termasuk
lagu bertangga nada mayor yaitu .... |
|
|
|
a. |
Hari Merdeka |
|
|
b. |
Indonesia Raya |
|
|
c. |
Halo-Halo Bandung |
|
|
d. |
Gugur Bunga |
|
15. |
Lagu Maju Tak Gentar
termasuk lagu bertangga nada .... |
|
|
|
a. |
mayor |
|
|
b. |
minor |
|
|
c. |
kromatis |
|
|
d. |
pentatonis |
|
Soal Isian
1. |
Ada berbagai jenis
upacara adat di Indonesia, Rambu solo termasuk ke dalam upacara .... |
|
|
||
2. |
Angklung merupakan alat
musik daerah yang dimainkan dengan cara .... |
|
|
||
3. |
Kalimat yang digunakan
pada iklan bersifat .... |
|
|
||
4. |
Berdasarkan sifatnya,
iklan dibagi menjadi dua yaitu iklan ... dan iklan .... |
|
|
||
5. |
Gerak peristaltik
terjadi di .... |
|
|
||
6. |
Gigi yang berfungsi
untuk memotong makanan adalah gigi .... |
|
|
||
7. |
Kerja bakti merupakan
contoh interaksi sosial di lingkungan .... |
|
|
||
8. |
Proses interaksi antara
siswa dengan siswa terjadi di .... |
|
|
||
9. |
Alat musik Bonang
berasal dari daerah .... |
|
|
||
10. |
Alat musik Sasando
dimainkan dengan cara .... |
|
Selamat belajar
Salam literasi
Asnati, M.TPd
Assalamualaikum
BalasHapusM.Raja Erdiansyah
Hadir
Assalamualaikum Abid yudadarma
BalasHapusHadir
Assalamaualaikum m.faishal al ghifarri hadir bu
BalasHapusAsalamualikum Rania al yasin syukur hadir bu
BalasHapus