Pengikut

Minggu, 13 September 2020

Ketika kehabisan Ide Untuk Menulis

 


*Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial Bagian 1*

   Terimakasih kepada Om Jay yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk kesekian kalinya menyampaikan materi *“Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial”,* terimakasih juga kepada moderator yang memimpin diskusi  kita pada workshop menulis online ini.

     Apa kabar Bapak dan Ibu Guru Blogger yang hebat dan luarbiasa ?😊

     Semoga dalam keadaan sehat dan senantiasa diberikan keberkahan. Senang sekali malam ini saya bisa bertemu dengan Bapak dan Ibu Guru dalam kegiatan yang keren ini. Saya juga mengapresiasi Bapak dan Ibu guru, ditengah –tengah kesibukan yang dilakukan Bapak dan Ibu masih bisa menyempatkan untuk belajar bersama dalam forum ini.

 
            Perkenalkan Bapak dan Ibu Guru Nama saya *Namin AB Ibnu Solihin* founder motivatorpendidikan.com, Ayah empat @anaktanpagadget, Pembicara Seminar Parenting, Konsultan Branding Sekolah dan Blogger Pendidikan. Untuk mengenal lebih dekat dengan saya Bapak dan Ibu guru bisa searching nama saya di Google. Atau bisa buka link berikut ini https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-namin-ab-ibnu-solihin/


         Saya juga telah membagikan secara Gratis lebih dari 250 materi training  di slideshare.net,  setiap tahunnya bisa dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar 7 Ribu kali. Linknya sebagai berikut https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak

 

           Kita bisa berteman melalui media sosial yang saya miliki *Instagram* *@motivatorpendidikancom,* *@anaktanpagadget* saya juga membagikan kegiatan saya di Channel YouTube Motivator Pendidikan Com.


         Baiklah Bapak dan Ibu Guru saya akan berbagi bagaimana saya membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial.

           Saya mulai Ngeblog tahun 2007, melalui blogspot.com, saat itu saya ngeblog untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. Tulisan di Blog juga masih sangat beragam, bahkan lebih banyak curahatan hati. Jadi saat awal-awal ngeblog saya tidak punya impian apa-apa dan tidak memiliki tujuan apa-apa, yah, pokoknya buat asyik-asyik saja dan agar waktu istirahat lebih bermanfaat.


       Bapak dan Ibu guru saya pernah membuat lebih dari 10 blog melalui blogspot.com, sebagian besar blog tersebut sudah saya hapus dan sebagian lagi belum sempat dihapus karena saya lupa username dan paswordnya, saking banyaknya blog yang saya buat.😊


            Hingga akhirnya disekitar tahun 2013  saya mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif dengan konten edukasi yang sangat menarik. Guraru.org setiap tahunnya juga memberikan penghargaan bagi para guru bloger yang berprestasi diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama. Blog guraru.org kini masih ada tapi kegiatan forum menulisnya tidak ramai lagi.

 

           Dari ngeblog asal-asalan kemudian saya mulai memiliki semangat untuk berbagai melalui tulisan diblog keroyokan dan blog pribadi. Keinginan untuk menulis lebih baik lagi, akhirnya ditahun 2013 saya memaksankan diri untuk mengikuti program Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.

 

       Pada tahun 2014 saya dan Om Jay bersama teman-teman menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, pada tahun 2014-2015 kami Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek. Program ini kami gagas dalam menggerakan agar guru-guru mau menulis dan menggunakan internet dan teknologi sebagai pembelajaran. Selain itu kami juga memiliki impian agar para guru bisa aktif berkontribusi menjadi produsen digital dengan cara menulis konten edukasi setiap harinya.


          Sudah saatnya guru menjadi produsen digital bukanlah lagi konsumen digital. Karena seperti yang kita pahami saat ini banyak sekali konten pornografi yang setiap harinya bisa menjadi monster dan predator yang sangat menyeramkan, yang bisa menyerang orang dewasa dan juga anak-anak. Indonesia termasuk Negara yang mengakses pornografi paling besar di dunia, kondisi seperti ini bisa menghancurkan masa depan generasi bangsa. Disinilah peran kita sebagi guru, berkontribusi menyelematkan generasi bangsa dengan membuat konten edukasi yang kreatif.

 

     Tahun 2014 juga awal saya mulai membangun Branding lewat blog. Perjalanan saya membangun Branding bisa dibaca di profil saya pada link di atas. Singkatnya akhirnya pada tahun 2015 saya melaunching www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang saya isi.

 

         Sebelum website tersebut di launching, saya banyak mencurahkan gagasan saya tentang pendidikan di Blog https://motivatorkreatif.wordpress.com membangun Branding memang tidak mudah, tapi jika kita sungguh-sungguh Insya Allah ada kemudahan.


        Membangun Branding juga harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya. Membangun Branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan.

         Menulis konten kreatif di Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kala mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Hingga akhirnya ketika orang berbicara "Motivator Pendidikan" mereka, Akhirnya akan mengingat "Namin AB Ibnu Solihin". Ini contoh saja .

 
       Tapi jika ada penasaran coba anda searching di Google beberapa kata berikut ini "Motivator Pendidikan" "Pembicara Seminar Parenting" "Motivator Pelajar". Anda akan bertemu dengan siapa kira-kira?


          Menulis dan membangun Branding telah mengantarkan saya keliling Indonesia, saya telah mengisi training setidaknya dilebih dari 300 lembaga, sejak tahun 2014-sekarang. Lengkapnya materi membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial saya bagikan lewat link di bawah ini, baik dalam bentuk slide maupun video workshop.


    Demikian pengantar diskusi malam ini.Semoga bermanfaat dan tetaplah bersemangat untuk menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.

           Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial Bagian 2

            Baik Bapak/Ibu guru sekarang coba saya sampaika tentang Ilmu branding secara singkat.

             Kita sering mendengar istilah Brand dan Branding, walau sepertinya mirip tapi sebenarnya memiliki perbedaan. Brand adalah merek yang dihasilkan melalui branding, lalu branding itu apa dong?

             Branding adalah proses atau strategi yang dilakukan untuk membangun hubungan dengan para pembaca blog atau media sosial yang kita miliki.

           Contoh membangun Bran dan Branding adalah sebagai berikut :

Contoh : Brand (Merek) Blog dan istagram motivatorpendidikan.com :

1.     Nama Blog dan Instagram : motivatorpendidikan.com

2.     Identitas (Logo dan tulisan dominan warna merah, yang mencerminkan nilai semat)

3.     Fokus pada dunia pendidikan ( Training, Seminar dan Worksop)

4.     Fokus Materi ( Training Guru Kreatif, Seminar Parenting, Motivasi Pelajar dan Mahasiswa, Branding Sekolah)

5.     Konten tulisan berisi artikel pendidikan dan foto-foto kegiatan training.

Contoh : Strategi yang dilakukan dalam membangun Branding Blog dan istagram motivatorpendidikan.com dengan cara :

1.     Membuat blog dan media sosial yang mudah dibaca dan diingat oleh orang yaitu motivatorpendidikan.com

2.     Mengisi konten Blog dan Media sosial dengan tulisan – tulisan yang berkaitan dengan dunia pendidikan, sehingga segmentasi jelas, bahwa pembaca yang akan berkunjung adalah mereka yang membutuhkan konten tersebut.

3.     Membuat poster dan video yang berkaitan dengan motivasi pendidikan.

4.     Membuat kaos yang bertuliskan motivatorpendidikan.com

5.     Mengadakan pelatihan Gratis dari motivatorpendidikan.com sebagai sarana memperkenal Brand (merek)

6.     Mengadakan perlombaan menulis buku yang diselenggarakan oleh motivatorpendidikan.com

7.     Membagikan secara gratis ribuan video pendidikan kepada para follower atau peserta kegiatan seminar.

Unsur-unsur dalam branding diantaranya adalah:

a. Nama merek atau brand : Motivatorpendidikan.com

b. Logo (Tulisn dan Logo ).

c. Tampilan visual Blog dan Medsos (lihat website motivatorpendidikan.com, Simple, informati dan SEO Friendly).

d. Juru bicara (Namin AB Ibnu Solihin : Founder motivatorpendidikan.com).

e. Suara (Memiliki ciri khas ketika membuka sebuah training).

f.Slogan/Tagline/Akronim: Tecaher Learning Partners).


    Jika kita sudah berhasil membangun Branding, maka kita sebagi founder secara personal juga terbangun brandingnya, maka dikenal dengan istilah personal branding. Public akan mengenal dari merek kita, cara bicara kita, pembawaan kita saat menyampaikan seminar, dan cara berpakaian.


        Personal Branding dari merek yang kita miliki, eh kamu tahu tidak website motivatorpendidikan.com, oh aku tahu tuh itu kan yang punya Pak.Namin AB Ibnu Solihin.


        Oh iya, kalau mau membangun branding sekali lagi harus totalitas dari banyak hal ya, termasuk nama email contoh : infomotivatorpendidikan@gmail.com


        Baik teman-teman langkah selajuntnya adalah saya tantang teman-teman untuk bisa membangun branding sendiri melalui blog dan media sosial, silahkan isi bagian di bawah ini :


Nama Blog :


Nama Instagram :


Alamat Email :


Warna Khas :


Slogan/Tagline/Akronim :


Fokus konten :


Target pembaca :


Strategi membangun Branding :


Juru bicara :                              ( Contoh Wijaya Kusumah Founder KSGN)


Salam literasi

Asnati

 


 


Baik silahkan seluruh peserta wajib mengisi di atas, selamat berlatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Langkah Baru

  Langkah Baru Harapan Baru Karya. Asnati Setelah sunyi langkah terhenti  Terkurung dalam diam sepi  Kini ku melangkah, hati berseri  Kembal...