SOAL
PENILAIAN HARIAN
KELAS 5 TEMA 3 SUBTEMA 1
Soal Pilihan Ganda
1. |
Sebatang lidi
akan mudah dipatahkan, sedangkan segenggam lidi akan sulit dipatahkan. |
|
|
|
a. |
sebatang lidi |
|
|
b. |
segenggam lidi |
|
|
c. |
persatuan |
|
|
d. |
keragaman |
|
2. |
Cara memainkan
alat musik daerah di Indonesia ada beragam. Kecapi dimainkan dengan cara ....
|
|
|
|
a. |
digesek |
|
|
b. |
dipetik |
|
|
c. |
dipukul |
|
|
d. |
ditiup |
|
|
|||
3. |
Indonesia
memiliki alat musik daerah yang beragam. Kecapi merupakan alat musik daerah
dari .... |
|
|
|
a. |
Jawa Barat |
|
|
b. |
Nusa Tenggara
Timur |
|
|
c. |
Sulawesi Utara |
|
|
d. |
Sumatera Barat |
|
4. |
Gambar iklan
harus dibuat menarik dan sesuai dengan .... |
|
|
|
a. |
isi iklan |
|
|
b. |
pembuat iklan |
|
|
c. |
kata kunci |
|
|
d. |
sasaran iklan |
|
|
|||
5. |
Rencana yang
akan dilakukan untuk membuat iklan yang berisi hal-hal penting yang terdapat
pada iklan disebut .... |
|
|
|
a. |
layout |
|
|
b. |
rancangan iklan |
|
|
c. |
storyboard |
|
|
d. |
kata kunci |
|
6. |
Berdasarkan
sifatnya, iklan program wajib belajar termasuk jenis iklan .... |
|
|
|
a. |
niaga |
|
|
b. |
pengumuman |
|
|
c. |
nonniaga |
|
|
d. |
media cetak |
|
7. |
Makanan yang
mengandung protein antara lain .... |
|
|
|
a. |
jagung dan nasi |
|
|
b. |
daging dan
ketela |
|
|
c. |
daging dan tempe |
|
|
d. |
minyak ikan dan
susu |
|
8. |
Perhatikan
gambar berikut! |
|
|
|
a. |
1 |
|
|
b. |
2 |
|
|
c. |
3 |
|
|
d. |
4 |
|
|
|||
9. |
Perhatikan
gambar berikut! |
|
|
|
a. |
4 |
|
|
b. |
3 |
|
|
c. |
2 |
|
|
d. |
1 |
|
10. |
Berikut ini
adalah contoh interaksi sosial, kecuali .... |
|
|
|
a. |
Andi dan Siti
berdiskusi kelompok |
|
|
b. |
Ayu menyapa
tetangganya saat lewat |
|
|
c. |
Ana sedang membaca
buku di kamar |
|
|
d. |
Ibu guru sedang
mengajar di kelas |
|
11. |
Berikut ini yang
termasuk interaksi sosial adalah .... |
|
|
|
a. |
nelayan berlayar
dengan menyesuaikan keadaan cuaca |
|
|
b. |
manusia hidup
dekat dengan sumber makanan |
|
|
c. |
berpamitan dengan
ayah dan ibu |
|
|
d. |
petani membajak
sawah |
|
12. |
Hubungan-hubungan
sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan
kelompok dengan kelompok disebut dengan .... |
|
|
|
a. |
komunikasi |
|
|
b. |
interaksi |
|
|
c. |
interaksi sosial |
|
|
d. |
interaksi primer |
|
13. |
Lagu bertangga
nada mayor biasanya dinyanyikan dengan .... |
|
|
|
a. |
bersemangat |
|
|
b. |
kurang
bersemangat |
|
|
c. |
sedih |
|
|
d. |
terharu |
|
14. |
Berikut tidak
termasuk lagu bertangga nada mayor yaitu .... |
|
|
|
a. |
Hari Merdeka |
|
|
b. |
Indonesia Raya |
|
|
c. |
Halo-Halo
Bandung |
|
|
d. |
Gugur Bunga |
|
15. |
Lagu Maju Tak
Gentar termasuk lagu bertangga nada .... |
|
|
|
a. |
mayor |
|
|
b. |
minor |
|
|
c. |
kromatis |
|
|
d. |
pentatonis |
|
Soal Isian
1. |
Ada berbagai
jenis upacara adat di Indonesia, Rambu solo termasuk ke dalam upacara .... |
|
|
||
2. |
Angklung
merupakan alat musik daerah yang dimainkan dengan cara .... |
|
|
||
3. |
Kalimat yang
digunakan pada iklan bersifat .... |
|
|
||
4. |
Berdasarkan
sifatnya, iklan dibagi menjadi dua yaitu iklan ... dan iklan .... |
|
|
||
5. |
Gerak
peristaltik terjadi di .... |
|
|
||
6. |
Gigi yang
berfungsi untuk memotong makanan adalah gigi .... |
|
|
||
7. |
Kerja bakti
merupakan contoh interaksi sosial di lingkungan .... |
|
|
||
8. |
Proses interaksi
antara siswa dengan siswa terjadi di .... |
|
|
||
9. |
Alat musik
Bonang berasal dari daerah .... |
|
|
||
10. |
Alat musik
Sasando dimainkan dengan cara .... |
|
PENILAIAN HARIAN
KELAS 5 TEMA 3
SUBTEMA 1
JENIS SOAL |
: |
Penilaian Harian
|
KELAS |
: |
5 |
SEMESTER |
: |
1 |
TEMA |
: |
3. Makanan Sehat
|
SUBTEMA |
: |
1. Bagaimana
Tubuh Mengolah Makanan? |
|
|
|
KOMPETENSI
DASAR |
JUMLAH SOAL |
IDENTIFIKASI
SOAL |
|
PILIHAN GANDA |
15 soal |
|
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan |
3 soal |
|
|
3.2 Memahami
hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari |
1 soal |
1 s/d 1 |
|
3.3 Menelaah
keberagaman sosial budaya masyarakat |
2 soal |
2 s/d 3 |
|
Bahasa Indonesia
|
3 soal |
|
|
3.4 Menganalisis
informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik |
3 soal |
4 s/d 6 |
|
Ilmu Pengetahuan
Alam |
3 soal |
|
|
3.3 Memahami
organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan
organ pencernaan manusia |
3 soal |
7 s/d 9 |
|
Ilmu Pengetahuan
Sosial |
3 soal |
|
|
3.2 Memahami
interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia |
3 soal |
10 s/d 12 |
|
Seni Budaya dan
Prakarya |
3 soal |
|
|
3.2 Memahami
tangga nada |
3 soal |
13 s/d 15 |
|
|
|||
ISIAN |
10 soal |
|
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 soal |
|
|
3.2 Memahami
hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari |
1 soal |
1 s/d 1 |
|
3.3 Menelaah
keberagaman sosial budaya masyarakat |
1 soal |
2 s/d 2 |
|
Bahasa Indonesia
|
2 soal |
|
|
3.4 Menganalisis
informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik |
2 soal |
3 s/d 4 |
|
Ilmu Pengetahuan
Alam |
2 soal |
|
|
3.3 Memahami
organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan organ pencernaan manusia |
2 soal |
5 s/d 6 |
|
Ilmu Pengetahuan
Sosial |
2 soal |
|
|
3.2 Memahami
interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia |
2 soal |
7 s/d 8 |
|
Seni Budaya dan
Prakarya |
2 soal |
|
|
3.2 Memahami
tangga nada |
2 soal |
9 s/d 10 |
|
KUNCI JAWABAN
PENILAIAN HARIAN
KELAS 5 TEMA 3
SUBTEMA 1
Jawaban Soal
Pilihan Ganda
1. |
Jawaban |
: |
c |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
2. |
Jawaban |
: |
b |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
3. |
Jawaban |
: |
a |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
4. |
Jawaban |
: |
a |
|
|
Pembahasan |
: |
Salah satu unsur
iklan yaitu gambar. Gambar pada iklan dibuat sesuai dengan isi iklan.
Oleh sebab itu, gambar iklan dibuat semenarik mungkin. |
|
|
||||
5. |
Jawaban |
: |
b |
|
|
Pembahasan |
: |
Rancangan iklan
adalah Rencana yang akan dilakukan untuk membuat iklan yang berisi
hal-hal penting yang terdapat pada iklan. |
|
|
||||
6. |
Jawaban |
: |
c |
|
|
Pembahasan |
: |
Berdasarkan
sifatnya, iklan dibagi menjadi dua yaitu iklan niaga dan iklan nonniaga.
Iklan program wajib belajar termasuk jenis iklan nonniaga yaitu iklan
yang dibuat untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. |
|
|
||||
7. |
Jawaban |
: |
c |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
|
||||
8. |
Jawaban |
: |
b |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
|
||||
9. |
Jawaban |
: |
c |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
10. |
Jawaban |
: |
c |
|
|
Pembahasan |
: |
Membaca buku
bukan contoh interaksi sosial karena tidak menyangkut hubungan antarindividu,
individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. |
|
|
||||
11. |
Jawaban |
: |
c |
|
|
Pembahasan |
: |
Interaksi sosial
adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu,
individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. |
|
12. |
Jawaban |
: |
c |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
13. |
Jawaban |
: |
a |
|
|
Pembahasan |
: |
Lagu-lagu yang
bertangga nada mayor biasanya bersifat riang gembira dan dinyanyikan dengan
semangat. |
|
|
||||
14. |
Jawaban |
: |
d |
|
|
Pembahasan |
: |
Lagu Gugur Bunga
termasuk lagu bertangga nada minor. |
|
|
||||
15. |
Jawaban |
: |
a |
|
|
Pembahasan |
: |
Lagu Maju Tak
Gentar dinyanyikan dengan bersemangat dan riang, sehingga termasuk lagu
bertangga nada mayor. |
|
Jawaban Soal Isian
1. |
Jawaban |
: |
kematian |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
|
||||
2. |
Jawaban |
: |
digoyangkan,
digetarkan |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
|
||||
3. |
Jawaban |
: |
persuasif atau
mengajak |
|
|
Pembahasan |
: |
Fungsi iklan
antara lain untuk mengenalkan atau mempromosikan suatu produk baik berupa
barang, jasa, maupun kegiatan kepada masyarakat. Dengan demikan, kalimat
iklan bersifat persuasif atau mengajak masyarakat. |
|
|
||||
4. |
Jawaban |
: |
niaga dan
nonniaga |
|
|
Pembahasan |
: |
Iklan dibagi
menjadi dua berdasarkan sifatnya yaitu iklan niaga dan iklan nonniaga. |
|
|
||||
5. |
Jawaban |
: |
kerongkongan |
|
|
Pembahasan |
: |
Gerak
peristaltik adalah gerak meremas dan mendorong makanan dari kerongkongan
menuju ke lambung. |
|
|
||||
6. |
Jawaban |
: |
seri |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
|
||||
7. |
Jawaban |
: |
masyarakat |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
|
||||
8. |
Jawaban |
: |
sekolah |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
|
||||
9. |
Jawaban |
: |
Jawa Timur |
|
|
Pembahasan |
: |
Sudah jelas. |
|
|
||||
10. |
Jawaban |
: |
dipetik |
|
|
Pembahasan |
: |
Sasando
merupakan alat musik dari daerah Nusa Tenggara Timur yang dimainkan dengan
cara dipetik. |
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar