Pengikut

Rabu, 02 Juni 2021

Pentingnya Digital Skill

 



Tanggal pertemuan:  2 Juni 2021
Resume ke: Ke 21
Tema: Langkah Kreatif Dalam Menulis/ Pentingnya Digital Skill
Narasumber: Agus Sampurno/ Wijaya Kusumah, M.Pd
Gelombang: 18

 [2/6 19.02] +62 852-1958-5451: Assalamualaikum wr wb.

[2/6 19.02] +62 852-1958-5451: Selamat malam dan salam sejahtera buat Bapak/Ibu hebat yang berada di seluruh Indonesia. Kembali lagi kita bertemu dalam Kelas Belajar Menulis  Pertemuan ke-21 Gelombang 18  Rabu 2 Juni 2021.

[2/6 19.03] +62 852-1958-5451: Perkenalkan saya Rita Wati, yang bertugas sebagai moderator pada malam hari ini.

[2/6 19.03] +62 852-1958-5451: Sebelum mulai, Izinkan saya untuk menyampaikan susunan acara kita, yaitu:

1. Pembukaan

2. Paparan narasumber (1 jam)

3. Tanya jawab (1 jam)

4. Penutup

[2/6 19.04] +62 852-1958-5451: Sangat disayangkan sekalai materi malam hari ini seharusnya akan disampaikan oleh narasumber kita Bpk Agus Sampurno, akan tetapi karena sesuatu hal beliau berhalangan

[2/6 19.05] +62 852-1958-5451: Sehingga narasumber akan digantikan oleh Guru Blogger Indonesia yang memiliki slogan yang sangat menarik *Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi*

[2/6 19.06] +62 852-1958-5451: saya yakin peserta belajar menulis sudah sangat mengenal beliau adalah Bpk Wijaya Kusumah atau yang akrab di sapa Omjay

[2/6 19.06] +62 852-1958-5451: Sebelumnya mengingatkan kepada Bpk/Ibu yang  ingin bertanya bisa chat ke nomor 085219585451.

[2/6 19.07] +62 852-1958-5451: Mari kita buka kegiatan kita pada malam hari ini dengan berdoa bersama-sama agar acara kita dapat berjalan dengan lancar. Bagi yang beragama Islam mari kita buka dengan mengucapkan Bismillah hirrohmannirrohiim.

[2/6 19.07] +62 852-1958-5451: Baik untuk menghemat waktu langsung saja kita sambut Omjay kepada beliau waktu kami persilakan.

[2/6 19.07] Om Jay Guru Bloger: Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

[2/6 19.08] Om Jay Guru Bloger: Selamat malam semuanya. Selamat bertemu kembali dengan Omjay. Guru Blogger Indonesia.

[2/6 19.09] Om Jay Guru Bloger: Sebenarnya yang menjadi narsum malam ini adalah sahabat saya bapak Agus Sampurno. Namun sampai dengan tadi kami telpon, beliau bisa dihubungi. Jadi saya langsung mengambil inisiatif untuk menggantikan beliau menjadi narsum malam ini. Semoga dapat diterima dengan baik. Aamiin

[2/6 19.11] Om Jay Guru Bloger: Mohon izin bapak dan ibu yang baik hatinya, materi malam ini adalah pentingnya digital skill yg sebenarnya akan omjay sampaikan besok utk kawan kawan di Kediri Jawa timur.

[2/6 19.11] Om Jay Guru Bloger: Materinya dapat dilihat di blog Omjay yang bapak dan ibu sering mengunjungi blognya di 

https://wijayalabs.blogspot.com/2021/06/pentingnya-digital-skill.html

 mohon komentarnya bapak dan ibu yg baik hatinya

[2/6 19.13] Om Jay Guru Bloger: Silahkan disimak dulu ya, sambil omjay jelaskan satu demi satu secara tertulis

[2/6 19.13] Om Jay Guru Bloger: Semoga dapat menjadi modal menulis bapak dan ibu dalam membuat resume kuliah malam ini.

[2/6 19.16] Om Jay Guru Bloger: keterampilan digital yg wajib dimiliki di era pandemi 


https://drive.google.com/file/d/115DgNg6qnnPnxyDZh9pxSvwzLCGP0YB_/view?usp=drivesdk

https://digitalskillsglobal.com/blog/the-top-10-digital-skills-tech-companies-are-looking-for-today

https://accesstrade.co.id/digital-skill-ini-wajib-dimiliki-di-era-new-normal-1190

https://accesstrade.co.id/digital-skill-ini-wajib-dimiliki-di-era-new-normal-1190

https://accesstrade.co.id/digital-skill-ini-wajib-dimiliki-di-era-new-normal-1190

https://digitalskillsglobal.com/blog/the-top-10-digital-skills-tech-companies-are-looking-for-today

https://youtu.be/5mXPdAurF1w

https://accesstrade.co.id/digital-skill-ini-wajib-dimiliki-di-era-new-normal-1190

[2/6 19.16] Om Jay Guru Bloger: 10 top keterampilan digital yg dilihat perusahaan


https://digitalskillsglobal.com/blog/the-top-10-digital-skills-tech-companies-are-looking-for-today

[2/6 19.17] Om Jay Guru Bloger: Setelah anda membuka slide dan link yg omjay bagikan, kirimkan pertanyaan ke Bu Rita 






https://wijayalabs.blogspot.com/2021/06/pentingnya-digital-skill.htmlhttps://wijayalabs.blogspot.com/2021/06/pentingnya-digital-skill.html


https://youtu.be/seJ5Vo6Nl6Q

 [2/6 19.24] Om Jay Guru Bloger: Bapak dan ibu yang paling cepat membuat resume malam ini akan mendapatkan hadiah buku dari Omjay yang berjudul Blogger Ternama.

[2/6 19.27] +62 852-1958-5451: Ayo semangat Bpk/ibu menulis resumenya

[2/6 19.27] +62 852-1958-5451: yang ingin bertanya langsung saja ya melalui no 085219585451 


[2/6 19.46] +62 852-1958-5451: Baik om saya ingin bertanya pada omjay

[2/6 19.47] +62 852-1958-5451: P1. Saya ingin bertanya pada Omjay mulai bergelut dalam dunia menulis di blogger dari tahu 2008, bagaimana cara Omjay bisa konsisten dalam menulis setiap hari. Awal saya mengikuti kegiatan Belajar menulis saya termotivasi untuk konsisten untuk menulis setiap hari. Tapi akhir-akhir ini karena kesibukan menjadi bolog-bolong menulisnya. Awalnya memaklumi karena kesibukan tapi pada akhirnya kebablasan hampir setelah lebaran belum menulis lagi. Bisa beri kiat-kiatnya Om.  (Rita)

 Jawaban P1


Terima kasih Bu Rita. Saya bisa konsisten untuk menulis setiap hari karena saya menjadikan menulis dan membaca sebagai sebuah kebutuhan. Jadi kalau sehari tidak menulis dan banyak membaca, maka saya akan merasakan haus dan lapar. Hal itulah yg membuat saya konsisten dalam menulis setiap hari. Selain itu saya belajar menulis kepada ahlinya. Seperti kang Abik dan Asma Nadia. Mereka adalah guru saya dalam menulis. Walaupun saya tak sepandai mereka dalam membuat buku fiksi. Saya baru mulai menulis buku non fiksi. Kalau saya lama tak menulis, biasanya sakit atau jaringan internet mati.

P2. Luar BIASA Om Jay...akhirnya..dapat langsung bersentuhan meski hanya lewat virtual...

Luar biasa cepat  banget om Jay ngomongnya di YouTube...


Sampai gak berani bergerak, takut ada yang terlewati .


Mohon DIJELASKAN lagi tentang DIGITEL SKILL..

1. MEDSOS

2. SEM.

3. ANALYTIC

4. CONTENT.


khususnya yang nomer 2.

Terimakasih Om Jay

🙏🙏

[2/6 20.53] +62 857-7226-7331: Dan satu lagi om Jay.

Bu Diyah pengurus komnasdik wilayah Malang....KO. BID. SMP/MTs.


Besok Bu Diyah gabung di Kediri, insha Allah



htts://shareefakhadeejalabs.blogspot.com/2021/06/digital-skill.html

 

[2/6 20.00] Om Jay Guru Bloger: Ini salah satu contoh tulisan yg dibuat oleh siswa kelas 7 SMP labschool Jakarta.

[2/6 20.03] Om Jay Guru Bloger: Kita harus mampu memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran yg mendukung kita sebagai guru.


Kemudian kita harus belajar search engine marketing. Dimana kita harus mampu membangun personal branding. Materi ini nanti akan dibawakan pak Namin sahabat saya.


Analytic adalah kemampuan menganalisa atau menganalisis berita. Sehingga kita tahu ini berita bohong atau hoaks.


Terakhir adalah content dimana kita harus belajar membuat informasi baru di internet. Salah satunya dengan menjadi blogger dan mengelola blog dengan baik 





[2/6 20.06] +62 852-1958-5451: P3. Aswrwb bu Rita. Saya hny merekam suara ya. krn klo nulis sering typo kbtln daya listrik lagi down akibat hjn deras yg disertai sngin dan petir

[2/6 20.12] +62 852-1958-5451: P4. Assalamualaikum omjay. Saya Syamsul Badri dari Bengkulu.. Pertanyaan saya Bagaimana mengembangkan skill sblm berkarir? Terimah kasih. 🙏🙏

[2/6 20.14] Om Jay Guru Bloger: Jawab P4.



Untuk mengembangkan skill sebelum berkarir saya melakukan kursus singkat. Bisa berupa kursus bahasa atau keterampilan komputer. Di zaman skg banyak sekali kursus online dan kita bisa belajar dari rumah. Itulah yg saya lakukan ketika dulu mengembangkan skill




P5. Assalamualaikum, Bu Rita dan Omjay. Saya Reni dari Bantaeng, Sulsel. Saya sangat tertarik dengan materi yang dipaparkan malam ini. Saya mau tanya nih, Omjay.

1. Bagaimana caranya agar guru bisa termotivasi untuk mengenal dan menguasai dunia digital?

2. Bgaimana cara mengenalkan dunia digital kepada anak-anak di daerah yang tidak memadai jaringan internetnya?


Jawaban P5

1. Caranya belajar dalam jaringan dan mau belajar bersama. Termasuk ikut belajar bersama di wa group ini dan wa group lainnya. Kita harus terbuka menerima informasi terbaru dan siap mengosongkan gelas untuk belajar pada ahlinya.


2. Caranya gunakan teknologi yang ada. Dulu Prof Eko sudah mencontohkan kepada kita. Gunakan alam sekitar dan teknologi yang ada di depan mata. Anda perlu memutar ulang film laskar pelangi. Ibu gurunya mampu memberikan inspirasi kepada muridnya sehingga banyak di antara mereka yang akhirnya belajar ke luar negeri. Semoga ibu Reni sudah baca novel Laskar pelangi karya Andrea Hirata.

Bapak dan ibu yang saya sayangi dan banggakan. Kita adalah para guru tangguh berhati Cahaya. Oleh karena itu kita harus belajar sepanjang hayat. Salah satunya dengan belajar keterampilan digital atau digital skill. 


Semua itu memerlukan banyak latihan dan latihan. Mulai dari membuat email dan kemudian membuat blog serta membuat Chanel YouTube sendiri. 


Tidak ada yang susah kalau kita mau belajar dan berguru kepada ahlinya. Kami di PGRI selalu mendatangkan para pakar di bidangnya. Baik dalam kegiatan belajar bicara maupun belajar menulis seperti sekarang ini. 


Semoga bapak dan ibu bisa belajar dari mereka. Ketika bapak dan ibu sudah lulus dari kegiatan ini, maka bagikan ilmunya kepada kawan guru lainnya. Dengan begitu kita akan semakin cakap digital.


Kelemahan guru kita dibandingkan dengan China adalah masalah membaca. Kita masih lemah membaca sehingga wajar bila kita tertinggal dengan negara lainnya. Nanti hari Sabtu malam Minggu saya akan bagikan pengalaman saya belajar STEAM di negara China.


Pesan saya, bila bapak dan ibu ingin menjadi seorang penulis, jangan pelit beli buku. Mulailah menyisihkan penghasilan kita untuk membeli buku. Itulah kemampuan kita akan bertambah dengan membaca buku. Saya memulainya dari membeli buku dan akhirnya menerbitkan buku sendiri. 


Saya belajar otodidak dan belajar kepada pakarnya. Pernah saya belajar menjadi programmer dengan biaya jutaan rupiah agar saya bisa menjadi seorang programmer.


Sekarang, kita tak perlu keluar uang banyak bila menguasai digital skill, karena semua ilmu itu ada di internet. Kepandaian kita dalam mencari dan mengembangkan digital skill dapat anda baca dari buku digital yg omjay bagikan. Semoga anda menyempatkan waktu untuk membacanya. Aamiin.

Terima kasih atas perhatiannya dan selamat membuat resume dengan baik. Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya.

Salam literasi  

Asnati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenangan di Yogyakarta

  Jogya 14 Juli 2022 Salam literas @asnati