Pengikut

Kamis, 13 Oktober 2022

"Berkolaborasi dan bertrasformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar"

 




Ketika catatan Perjalanan Selama Mengikuti PembaTIK 2022

A. Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Tik

       Assalamu'alaikum, Alhamdulillah saya sudah di pembatik level 4, tak henti- hentinya syukur ku lantunkan hampir tak percaya, umurku mungkin yang paling tua diantara audiens, tapi percaya diriku menambah yakin untuk memoyivasi  teman - teman yang masih muda untuk mengikuti ajang pembatik, usia 55 tahun ini sebagai motivasi ku untuk berkarya, saya Asnati, S.Pd., M.TPd, mengajar kelas4 A di SD Negeri 17 Rejang Lebong, sudah mengajar kurang lebih 33 tahun,pertama saya di angkat menjadi PNS di SD Negeri 43 Pengambang kecamatan PU Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Selam 20 tahun mengabdi di desa Pengambang, anak saya dua -duanya lahir di pengambang. itulah hartaku yang paling berharga. Program pembatik , program merdeka belajar yang dikeluarka oleh mentri Pendidikan , Kebudayaan , Riset dan teknologi Republik Indonesia, Bapak Nadiem Anwar Makariem ter inspirasi daripemikiran hebat bapak pendidikan Indonesia, KI Hajar Dewantara,Filosofi pendidikan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing madyo mangun karso, tut wuri handayani bukan hanya sekedar jargon saja, tapi sarat makna yaitu pendidikan di Indonesia harus dikelola dengan optimal menuju kemerdekaan dan kemandirian dalam pembelajara.

        Dalam proses pembelajaran , merdeka belajar memberi semangat perubahan dalam upaya mencari cara terbaik menerapkan metode dan inovasi pembelajaran bagi peserta didik salah tunya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).Tik sangat  penting diintegrasikan kedalam proses pembelajaran dengan tujuan mengembangkan  kemampuan berfikir tingkat tinggi, mengembangkan keterampilan dalam bidang TIK sehingga peserta didik merasa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran.

     

Nilaiku di pembatik level 3






B. PembaTIK tahun 2022

  Seiring dengan tujuan yang baik tersebut, Pusdatin Kemendikbudristek menyelenggarakan program peningkatan kompetensi TIK guru dari UNISCO yang diselenggarakan berjenjang dalam 4 level kompetensi yaitu literasi (level  1),Implementasi (level 2), kreasi (level 3), serta berbagi dan berkolaborasi (level 4).

          Satu kehormatan dan kesempatan yang tak boleh saya tolak saat dinyatakan lulus dan bergabung sebagai peserta Pembatik Level 4 tahun 2022 dari Provinsi Bengkulu. Saya termasuk bersama 30 guru terbaik di Provinsi Bengkulu , saling berbagi dan berkolaborasi. Perjuangan saya sejak mengikuti level 1 sampai ke level 4 merupakan pengalaman yang tak akan pernah saya lupakan.

       Pada kegiatan pembatik tahun 2022 ini , mengusung tema "Berkolaborasi dan bertrasformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar" dengan tema ini para guru diharapkan bersedia dan mampu meningkatkan kompetensi dalam menghasilkan karya-karya terbaiknya setiap level.

C. Inovasi Pembelajaran Dengan Rumah Belajar dan PMM
                   
         Saat  kegiatan berbagi dan berkolaborasi , saya mendapatkan tugas untuk menerapkan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan TIK dikelas dengan memaksimalkan Poratal Rumah Belajar dan Flatporm Merdeka Mengajar(PMM)

      Rumah Belajar adalah sebuah portal pembelajaran yang dikeluarkan oleh Pusdatin Kemendikbudristek sebagai inovasi pembelajaran di era 4.0 menuju 5.0 dan bisa dimanfaatkan oleh peserta didik dan tenaga kependidikan.

       Platporm Merdeka Mengajar (PMM) adalah platporm untuk guru yang di kembangkan sebagai wadah untuk belajar, mengajar dan berkarya. PMM bertujuan untuk membantu para guru mengajar sesuai dengan kemampuan murid, menyediakan latihan untuk meningkatkan kompetensi, serta berkarya dan menginspirasi rekan sejawat.

       Dalampembelajarandi kelas , saya menggunakan fitur yang ada di PMM dan juga Rumah Belajar sehingga peserta didik menjadi tertarik dan bersemangat mengikuti pembelajaran. saya menggunakan perangkat ajar di PMM, Sumber belajar dan Bank Soal di portal Rumah belajar. 


D. Berbagi dan Berkolaborasi

       Sebagai tugas akhir di PembaTIK level 4 tahun 2022 ini, saya berbgi dan berkolaborasi dengan para rekan guru baik di satuan pendidikan saya, mendapat dukungan dari giuru, kepala sekolah dan pengawas. di Kabupaten Rejang Lebong provinsi Bengkulu..
                            
    Di bawah ini   Karya Saya

Vlog



Blog






Kegiatan di PMM

Aksi Nyata
Bapak/Ibu Guru, saya melakukan *Aksi Nyata* sebagai implementasi pemahaman saya terhadap salah satu topik Pelatihan Mandiri di platform Merdeka Mengajar 

Mohon bantuan Bapak/Ibu Guru untuk memberikan umpan balik di tautan berikut. Terima kasih.  


 

Kuliah umum hari pertama

https://www.youtube.com/watch?v=kccWOvB8x4Y

Kuliah umum hari ke dua

https://www.youtube.com/watch?v=cf1gGFYVTyo 


Kegiatan  Webinar
 
  
 Mendapatkan sertifikat Webinar


 
Buku digital





Buku Karyaku



PusdatinKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2022 
#DutaTeknologiKemendikbudristek
#RumahBelajar2022  
#PlatformMerdekaMengajar
 #BerbagiTIK
di Oktober 19, 2022

Salam literasi
asnati62@guru.sd.belajar.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenangan di Yogyakarta

  Jogya 14 Juli 2022 Salam literas @asnati