Pengikut

Rabu, 24 Januari 2024

Merdeka Belajar


 


  • Pemahaman gagasan dan prinsip pendidikan berdasarkan pemikiran KHD
  • Pemahaman untuk memfasilitasi murid agar tumbuh sesuai dengan kodratnya.
  • Penerapan pembelajaran yang memerdekakan murid



Apa yang dimaksud dengan Kurikulum Merdeka?
Dikatakan  merdeka dalam belajar artinya siswa memiliki kebebasan untuk berfikir dan berekspresi. Jadi bukan berarti siswa tidak perlu belajar lagi , ya. Dengan adanya program merdeka belajar ini pemerintah berharap dapat menghadirkan pendidikan yang bermutu tinggi bagi semua peserta didik. 
.
Apa tujuan Merdeka Belajar bagi siswa?
Kementrian pendidikan dan kebudayaan telah mencanangkan reformasi sistem pendidikan Indonesia melalui kebijakan Merdeka Belajar . Tujuannya adalah untuk menggali potensi terbesar para guru-guru sekolah dan murid serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandi

Apa itu Merdeka Belajar  menurut Ki Hajar Dewantara?
Konsep merdeka belajar menurut Ki Hajar Dewantara selaras mendidik dengan hati. mendidik dan mengajar adalah proses memanusiakan manusia, sehingga harus memerdekakan manusia dan segala aspek kehidupan baik secara fisik, mental, jasmani dan rohani.
Apa kesimpula dari Merdeka Belajar?
Kesimpulan Kurikulum Merdeka Belajar adalah inovasi dalam pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat belajar siswa.Kurikulum ini memberi kebebasan kepada siswa dalam memilih minat belajar mereka, mengurangi beban akademik dan mendorong kreativitas


Apa contoh kurikulum merdeka?
Contoh kurikulum Merdeka Belajar untuk pelajaran sains dasar dapat dilakukan dengan melibatkan peserta didik mengeksplorasi panca indra. Metode ajar yang digunakan bisa didesain untuk membuat program, menganalisis data, serta merancang model pembelajaran.
Link Youtube




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenangan di Yogyakarta

  Jogya 14 Juli 2022 Salam literas @asnati