LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
TEMA :
Pentingnya Literasi, Strategi Pemahaman Membaca dan
Penyusunan Modul P5
Oleh :
ASNATI
Tahun 2023
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Guru
sebagai Tenaga Pendidik Profesional adalah guru tidak hanya merasa puas dengan
pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga
profesional hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya
sehingga layanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang
semakin berkualitas.Tugas seorang guru yang profesional tidak hanya dituntut
untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik,
dan melatih peserta didik saja melainkan juga harus melakukan pengembangan
keprofesian berkelanjutan.
Berbagai
hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan
profesionalismenya. Menurut Permeneg PAN dan RB no 16 tahun 2009, seorang guru
dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga
komponen yaitu: 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) malakukan publikasi
ilmiah dan 3) menemukan dan menciptakan karya-karya innovatif.
Kegiatan
pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional
dan kegiatan kolektif guru. Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri
atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya disamping akan
dapat meniingkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru, juga
mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan
kariernya untuk naik pangkat.
B.
Tujuan
Berdasarkan
paparan di atas, pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan:
1.
Mendapatkan
pengetahuan dan keterampilan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik
kepada peserta didik
2.
Mengumpulkan angka kredit
yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi.
BAB II
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
1. Judul Diklat
Pentingnya Literasi, Strategi
Pemahaman Membaca dan Penyusunan Modul P5
2. Latar
Belakang
Menjelang kenaikan kelas kita membutuhkan sistem aplikasi dimana dapat
mempermudah guru dalam pembelajaran Sehingga dibutuhkan aplikasi yang mudah dan
bisa di bawa kemana-mana yang berbasis smartphone untuk memudahkan dalam guru
dalam membuat media ajar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rendahnya
literasi kita negara Indonesia pun sebagai salah satu latar belakang kami
mengadakan acara ini. Literasi tentunya butuh strategi agar dapat meningkatkan
nya. Hal ini kita bahas pada materi pentingnya literasi, trantegi pemahaman
membaca dan penyusunan modul P5 untuk meningkatkan literasi di Indonesia
3. Tujuan
-
Meningkatkan
kemampuan TIK guru
-
Meningkatkan
kemampuan guru dalam meningkatkan Literasi
-
Meningkatkan
kemampuan guru dalam Menyusun p5
4. Waktu dan Metode Pelaksanaan
Hari/Tanggal : Kamis, 24 Agustus 2023
Pukul : 19.30 – 22.00 WITA / 18.30.00 – 21.00 WIB
Link Zoom Meeting : http://bit.ly/drbsrbberbagi-83
Pendaftaran dapat dilakukan melalui PMM : http://bit.ly/daftaredisi-83
5.
Penyelenggara
Kegiatan
BPMP Provinsi Kalimantan Utara Bersama DTK dan SRB Kaltara
6. Narasumber :
a. Anita Nurhasanah, S.Pd – DTK Kaltara
b. Dedi Effendi, S.Si – Assemblr Inventor
7. Flyer, foto kegiatan ( Terlampir )
8. Undangan (terlampir)
9. Sertifikat, surat tugas (terlampir )
10. Uraian
Materi
a. Struktur
Program
b.
Deskripsi Materi
- Pentingnya strategi pembelajaran
membaca Literasi
- Menjelaskan Tehnis pembuatan Modul
p5
c. Berikut hasil kegiatan edisi 80 KALTARA :
1
10. Sertifikat 34 JP :
https://drive.google.com/drive/folders/1vf-5yyUagiuNCKov-B_rNyFTsS-H5-V_?usp=sharing
11. Tindak
Lanjut
a.
Laporan kepada Kepala Sekolah telah dilaksanakan diklat
b. Refleksi dari pelaksanaan
kegiatan dan pendalaman materi
c.
Melakukan pengimbasan kepada guru/tata usaha
d. Membuat Media pembelajaran
dengan Assemblr Edua
12. Dampak
-
Guru
menjadi lebih kreatif dan siswa aktif
-
Guru Melakukan pengimbasan kepada guru/tata usaha di sekolah masing-masing
-
Guru mampu membuat media pembelajaran Assemblr Edu
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kegiatan
pengembangan diri dapat dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional
dan kegiatan kolektif guru. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam
kelompok kerja termasuk dalam kegiatan kolektif guru. Sedangkan kegiatan yang
diadakan di luar kegiatan kolektif guru salah satunya termasuk yaitu diklat
fungsional. Yaitu diklat yang diadakan oleh dinas pendidikan
kabupaten/kementerian agama kabupaten, Lembaga Pengembangan Mutu Pendidikan maupun dinas
pendidikan provinsi/kementerian agama provinsi.
B.
Saran
Diharapkan dengan
adanya penulisan laporan pengembangan diri ini, pendidik tidak hanya
mendapatkan ilmu atau menambah wawasan tetapi juga diharapkan dapat menerapkan
ilmu tersebut baik kepada peserta didik maupun teman sejawat.
Flyer :
Pentingnya Literasi, Strategi Pemahaman Membaca dan Penyusunan Modul P5
Sertifikat Kegiatan :
Surat Tugas :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar