Pengikut

Kamis, 08 Desember 2022

Sholat Taubat

 https://youtu.be/ewo9xT4je9A


Sholat Taubat 


Niat sholat taubat ketika hendak melaksanakan sholat taubat.


Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala


Artinya niat sholat taubat:


"Saya niat sholat sunah tobat dua rakaat karena Allah."


Tatacara: 


1. Dahulukan dengan membaca niat sholat taubat.

2. Lalu, takbiratul ihram.

3. Membaca doa iftitah.

4. Membaca Al-Fatihah.

5. Membaca surat dari Alquran.

6. Rukuk (membaca tasbih saat rukuk sebanyak tiga kali).

7. I’tidal (membaca doa I’tidal).

8. Sujud (membaca tasbih saat sujud sebanyak tiga kali).

9. Duduk di antara dua sujud (membaca dia ‘robbighfirlii warhamnii…’)

10. Sujud kedua (membaca tasbih sujud tiga kali).

11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai yang ke 10.

12. Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir).

13. Salam.

14. Berdoa untuk memohon ampunan.


Setelah melaksanakan sholat taubat, kita bisa membaca:


Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilahaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyumu Wa Atuubu Ilahihi


"Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan berdiri sendiri dan aku bertobat kepada-Nya."


Bacaan ini hendaknya diucapkan sebanyak 100 kali sambil diresapi artinya dalam hati.


Kemudian baca doa sholat taubat seperti yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut:


Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta


Artinya:


"Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau."


Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenangan di Yogyakarta

  Jogya 14 Juli 2022 Salam literas @asnati